Diikuti Puluhan Ribu Pelajar, Tari Remo Boletan di Jombang Pecahkan Rekor MURI

Diikuti Puluhan Ribu Pelajar, Tari Remo Boletan di Jombang Pecahkan Rekor MURI Para peserta tari remo boletan di Alun-Alun Jombang saat memecahkan rekor MURI.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 41.112 pelajar dari berbagai jenjang pendidikan yang ada di Kabupaten mengikuti tari remo boletan di alun-alun setempat, Selasa (11/10/2022). Kegiatan ini sekaligus memecahkan rekor

Dalam kegiatan tersebut, selain pelajar, Bupati , Mundjidah Wahab dan Wakilnya, Sumrambah serta Forkopimda juga mengikuti tari Remo boletan yang merupakan rangkaian peringatan hari jadi Kota Santri yang ke-112.

Selain di alun-alun, para penari tersebar di 70 lokasi di Kabupaten , baik di tiap kecamatan maupun di sekolah-sekolah. Kegiatan ini juga untuk memperkenalkan tarian asli dari kepada generasi muda. 

"Peserta mulai dari PAUD, TK, SD, SMP dan SMA. Selain itu juga untuk memberikan perlindungan kekayaan budaya dan hak cipta sebagai upaya hukum dalam memberikan kepastian hukum," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan , Senen.

Sementara itu, Bupati juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan pemecahan rekor . Menurut dia, ini merupakan kegiatan yang belum pernah dilakukan di Kabupaten dengan melibatkan peserta yang sedemikian banyaknya mencapai puluhan ribu orang.

"Acara yang dilakukan dinas pendidikan dan panitia pelaksana hari ini sangat luar biasa. Jumlah peserta yang besar dan luar biasa mencapai puluhan ribu orang, yang bertepatan dengan hari jadi Kabupaten ," ujarnya.

Di penghujung acara, pencatat dari museum rekor , Sri Widayati, mengaku sudah mencatat 13 agenda kegiatan di . Sebelumnya, juga pernah mencatat rekor tari Remo massal dengan peserta 1.389 pada 2006 silam, namun rekor itu tumbang oleh UNESA pada 2019 lalu dengan 2.655 peserta.

"Yang terbaru adalah tingkeban secara virtual yang diikuti oleh peserta terbanyak di 22 lokasi dengan jumlah peserta 660 ibu hamil, yang dilaksanakan pada 3 Oktober 2021. Hari ini bukan main-main jumlah massa yang dikerahkan Dinas Pendidikan Kabupaten dengan jumlah peserta 41.112 orang. Ini sungguh luar biasa," urai Sri.

"Kami yakin tari remo ini tidak semata-mata mengejar rekor . Tapi lebih pada menggelorakan semangat kebanggaan nasional. Saya mewakili bapak Jaya Suprana, kami umumkan sekaligus kami mengesahkan bahwa pagelaran tari remo boletan dengan penari sebanyak 41.112 peserta resmi tercatat di ," pungkasnya. (aan/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO