Ini Lima Poin Kesimpulan dari investigasi TGIPF Tragedi Kanjuruhan

Ini Lima Poin Kesimpulan dari investigasi TGIPF Tragedi Kanjuruhan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Tim Gabungan Independen Pencari Fakta () Tragedi Kanjuruhan sudah menyerahkan hasil rekomendasi dan kesimpulan investigasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (14/10/2022).

Hasilnya, tim yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD ini, menghasilkan lima poin kesimpulan dari yang melibatkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai penyelenggara kompetisi.

Lima poin itu sebagai berikut.

Pertama, PT LIB tidak mempertimbangkan faktor pertandingan beresiko tinggi dalam menentukan jadwal pertandingan.

"Dan lebih memprioritaskan faktor keuntungan dari komersial (orientasi bisnis) dari jam penayangan di media," tulis dalam poin pertama yang disimpulkan yang dikutip BANGSAONLINE.com.

Kedua, LIB tidak mempertimbangan reputasi dan kompetensi kualitas petugas dan ketua panitia pelaksanaan, yang sebelumnya sudah mendapatkan sanksi hukuman dari PSSI.

Ketiga, security office yang ditunjuk PT LIB, tidak melakukan kompetensi dan hanya melakukan pembekalan video conference melalui zoom meeting selama dua jam. Sementara, sertifikasi security officer diberikan, karena adanya penyelidikan yang bersangkutan pada 3 Oktober 2022.

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO