Peringati Hari Santri Nasional, Khofifah Ajak Santri Siap Siaga Jaga Martabat Kemanusiaan

Peringati Hari Santri Nasional, Khofifah Ajak Santri Siap Siaga Jaga Martabat Kemanusiaan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa mengajak para santri selalu siap siaga menjaga martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs Bangsa Indonesia. Pesan itu sejalan dengan tema Tahun 2022, yaitu 'Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan'.

Gubernur menegaskan, dalam catatan sejarah, santri selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

"Santri dengan berbagai latar belakangnya selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak," ungkap Gubernur saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Tahun 2022, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (22/10).

menjelaskan, ketika Indonesia masih dijajah, para santri tak ragu turun ke medan perang. Bahkan di Surabaya, oleh Kiai Hasyim Asy'ari digelorakan '' yang membakar semangat para pemuda Surabaya melawan Belanda. Demikian pula, ketika pecah pertempuran lima hari di Semarang, para santri juga berada di garda depan perjuangan.

"Di mana pun tempatnya santri selalu terlibat aktif dalam membela tanah air memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan melawan penjajah," imbuhnya.

Atas peran nyata santri dan para kiai inilah, lanjut , Presiden Joko Widodo melalui Kepres Nomor 22 Tahun 2015 menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai sebagai bentuk penghormatan terhadap peran santri dalam merebut kemerdekaan.

Begitu juga pada pascakemerdekaan Indonesia, menyebutkan, santri lebih semangat lagi memenuhi panggilan Ibu Pertiwi. Mereka tidak asyik dengan dirinya sendiri, tetapi terlibat aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan, selain juga agama.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO