Pukul Mundur Krisis Iklim: Bencana Hidrometeorologi Ancam Indonesia

Pukul Mundur Krisis Iklim: Bencana Hidrometeorologi Ancam Indonesia Citra inframerah Himawari-8. Foto: bnpb.go.id

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika () peluang terjadinya hujan ekstrem pada kondisi iklim zaman kini meningkat sekitar 2,4 kali lebih sering dibandingkan dengan kondisi iklim 100 tahun yang lalu.

Cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah Indonesia menjadi sebuah tanda bahwa iklim kita sedang tidak baik-baik saja. Dalam lima tahun terakhir, Badan Nasional Penanggulangan Bencana () mencatat pada tahun 2022 telah terjadi 2.899 bencana. Bencana yang paling sering terjadi ialah banjir yakni tercatat sebanyak 1.181 dan kejadian akibat sebanyak 908 kejadian.

Krisis iklim yang terjadi saat ini menjadi alarm bagi kita semua bahwa hilangnya hutan yang memiliki peran sebagai resapan air menjadi faktor utama dalam peningkatan yang terjadi saat ini. 

Selain itu, perubahan suhu yang drastis dapat melemahkan daya tahan tubuh manusia, sehingga rentan terkena berbagai macam penyakit seperti influenza, demam berdarah, diare, hingga leptospirosi.

Organisasi dan komunitas pemuda saat ini sedang berjuang bersama menyampaikan suaranya mengenai kekhawatiran situasi saat ini.

Terdapat beberapa tuntutan yang diinginkan untuk mengatasi . Pertama, mendorong pemerintah melalui Presidensi G20 yang akan digelar di Bali melakukan tindakan konkrit mencapai kesepakatan Paris dalam membatasi kenaikan suhu global. Kedua, mendesak pemerintah untuk segera meninggalkan energi fosil yang berpengaruh besar pada perubahan iklim. Ketiga, mendorong pemerintah fokus pada pendanaan energi terbarukan yang bersifat ramah lingkungan.

Kita sedang menghadapi , mari kuatkan solidaritas untuk memulihkan keadaan. Jadikan hutan sebagai ruang terbuka hijau dan percepat transisi energi dari batu bara ke energi bersih.

(ans) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO