Persaingan ISP Kian Ketat, Bos Telkom: Indihome Tak Utamakan Harga, Tapi Kualitas

Persaingan ISP Kian Ketat, Bos Telkom: Indihome Tak Utamakan Harga, Tapi Kualitas

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Persaingan penyedia layanan fix broadband namun juga telah banyak service provider () juga turut meramaikan pasar. Akibatnya di pasar terjadi perang tarif yang terus berlanjut hingga saat ini. Melihat kondisi itu, VP Marketing , Edie Kurniawan menegaskan, pihaknya tidak bersaing di harga, tetapi pada kualitas pelayanan.

“Kita ga utamain price, tapi kita () mengutamakan kualitas bagi pelanggan,” ujar Edie Kurniawan yang akrab disapa Iwan.

Iwan menjelaskan, dulu menyediakan layanan yang hanya 10Mbps. Makin lama kebutuhan manusia tidak selalu cukup, menyesuaikan dan ditingkatkan. Awalnya, 80% pengguna hanya merasakan 10Mbps, saat ini 80% pelanggan tersebut sudah bisa merasakan 20Mbps – 30Mbps.

“Layanan seperti ini yang akan kami terus tingkatkan lagi, ” terang Iwan menanggapi perang tarif yang dilakukan pemain fix broadband dan .

Iwan menjelaskan, saat ini ada sudah sekitar 830 yang ada di Indonesia. Meskipun banyak, wilayah Indonesia juga sangat luas sekali. telah sendiri telah membentangkan kabel optik sejauh 170.885 kilometer. Panjang kabel optik itu sudah setara 4 kali keliling dunia.

"Hal yang menarik dari persaingan ini, mereka bisa menjangkau dan sampai masuk ke gang-gang yang sempit dan itu pun belum tentu bisa. Jadi pemain juga melihat peluang, gabisa masuk itu bisa masuk,” jelas Iwan.

Problem dasar di tengah persaingan yang tinggi itu ialah tiak ada yang mengatur harga. Semua bisa menjual tarif serendah-rendahnya. Nantinya kualitaslah yang akan menguji, apakah mereka bisa melayani dengan baik. (ana/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO