Bea Cukai Jepang Temui Isoprocarb Pada Kopi Indonesia: Berikut Efek Isoprocarb Bagi Tubuh Manusia

Bea Cukai Jepang Temui Isoprocarb Pada Kopi Indonesia: Berikut Efek Isoprocarb Bagi Tubuh Manusia Ilustrasi Kopi Indonesia. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Bea Cukai Jepang mendeteksi kandungan Isoprocarb dalam kopi Indonesia yang melebihi batas 0,01 ppm. Akibatnya Indonesia ke Negeri Matahari Terbit menjadi terancam.

Isoprocarb merupakan senyawa kimia yang bekerja aktif mematikan enzim asetilkolinesterase pada serangga secara reversibel. Isoprocarb merupakan golongan karbamat yang lebih progresif dan selektif dalam penggunaannya.

Tujuan Direktoral Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian menyetujui penggunaan Isoprocarb dikarenakan untuk mengontrol perkembangbiakan hama kutu putih yang terdapat dalam tanaman kopi. 

Namun, pencemaran residu (zat sisa) dari berawal dari adanya oknum petani yang dengan sengaja menggunakan pada tanaman kopi ketika masa panen kopi tiba. Bahan kimia aktif yang disemprotkan pada tanaman kopi akan menimbulkan residu (zat sisa) di produk akhirnya yang dapat memicu munculnya berbagai gejala klinis pada tubuh manusia.

Dilansir dari Halodoc, gejala yang muncul cenderung akan terlihat sama dengan gejala orang yang mengalami keracunan pada umumnya.

Kemunculan gejala biasanya akan terlihat sekitar 4 jam setelah terkena paparan, meski begitu terdapat gejala yang baru muncul setelah 12 jam terkena paparan ini.

Beberapa gejala yang umum terjadi pada seseorang yang terpapar jenis karbamat, antara lain:

- Tubuh lemas

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO