Pangkoarmada II Lepas Satgas MTF TNI Konga

Pangkoarmada II Lepas Satgas MTF TNI Konga Pangkoarmada II, Laksda TNI TSNB Hutabarat, ketika memberangkatkan KRI Frans Kaisepo-368 yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL 2022. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pangkoarmada II, Laksda TNI TSNB Hutabarat,  memberangkatkan -368 yang tergabung dalam Satgas Maritime Task Force TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL 2022. Salah satu KRI jenis Sigma Corvette Batch II itu dibangun di Vlissingen, Belanda, dan secara resmi masuk ke jajaran pada 7 Maret 2009.

"Dari Koarmada, kapal ini kita lepas, kemudian akan singgah di Jakarta dan akan dilepas oleh Panglima TNI, selanjutkan untuk melaksanakan tugas Lebanon," kata Pangkoarmada II di Dermaga Madura Koarmada II , Jumat (25/11/2022).

Sebelumnya, -368 sudah memulai tugasnya dalam misi MTF UNIFIL pertama kali, pada tahun 2010 sebagai Satgas MTF TNI XXVIlI-B dan kembali dipercaya untuk kembali bertugas sebagai satgas MTF TNI XXVIII-F pada tahun 2013.

"Satgas yang dipimpin oleh Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh ini akan melaksanakan misi perdamaian dunia selama satu tahun. Keberadaan satgas diterima dengan baik di masyarakat sana. Terbukti masyarakat sangat terbuka dan dengan senang hati," ujarnya.

Dengan memberangkatkan 119 personel yang terdiri dari 103 ABK, 9 kru heli dan 7 personel pendukung, kata dia, mereka menempuh perjalanan dengan rute Jakarta, Belawan, India, Oman, Mesir, melewati Terusan Suez dan Beirut Lebanon.

"Ini sudah ke 14 kalinya kita mengirim kapal untuk melaksanakan MTF, dari semuanya saya mengamati, banyak sekali peningkatan-peningkatan yang dilakukan satgas tersebut," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':