Bank Indonesia Hadirkan Rupiah Digital Untuk Sistem Pembayaran di Indonesia

Bank Indonesia Hadirkan Rupiah Digital Untuk Sistem Pembayaran di Indonesia Bank Indonesia Hadirkan Rupiah Digital Untuk Sistem Pembayaran di Indonesia. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSA ONLINE.com - Sistem pembayaran Indonesia akan dilengkapi dengan hadirnya yang diinisiasi oleh . Rupiah digital akan melengkapi segenap bentuk pembayaran pada saat ini, seperti yaitu kertas dan logam, hingga yaitu debit, kredit ataupun giro.

Tahapan pengembangan central bank digital currency milik telah masuk pada proses peluncuran white paper. White paper diberi nama Proyek Garuda: Menavigasi Arsitektur Digital Rupiah. Tujuan dari white paper ialah agar masyarakat mengetahui rupiah digital yang akan diedarkan oleh .

mendesain tidak hanya untuk alat transaksi mata uang sebagaimana rupiah kertas saja. Melainkan juga, dapat digunakan untuk transaksi skala besar lainnya hingga operasi moneter BI itu sendiri.

mengaku telah memetakan resiko keamanan terhadap . Standar kemanan yang diterapkan pada meliputi, manajemen identitas dan akses, manajemen keberlangsungan bisnis, manajemen security patching, pengelolaan insiden, dan manajemen siklus pengembangan.

Resiko sistemik juga turut diperhatikan, diantaranya dengan memperkuat Supervisory Technology (Suptech).

Dari sisi moneter, penerbitan secara inheren memiliki dampak moneter yang netral. Hal ini karena hanya mengubah komposisi dalam kewajiban BI tanpa mengubah neraca . Selain itu, tidak memberikan remunerasi kepada pemegangnya.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'SNG Cargo: Warna Baru Industri Logistik di Indonesia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO