Pemkot Surabaya Butuh Badan Promosi Wisata

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Untuk menjadikan kota Surabaya sebagai kota tujuan wisata sekaligus meningkatkan jumlah wisatawan baik luar ataupun dalam negeri, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membutuhkan badan yang bertugas untuk mempromosikan wisata di kota Surabaya.

Hal ini diungkapkan oleh Head of International Hospitality and Tourism Business Universitas Ciputra, Agoestinus Lis Indrianto ketika menjadi narasumber dalam media gathering di kantor Humas , kemarin.

Menurut dosen universitas Ciputra ini, dulu mempunyai badan atau lembaga yang khusus menaungi promosi pariwisata atau Surabaya Tourism Promotion Board (STPB). Namun saat ini ia menilai STPB tersebut sudah tidak berfungsi kembali bahkan mati suri.

Selain itu menurut Agoes, untuk menunjang kinerja STPB dan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik, perlu menganggarkan dana promosi sedikitnya 4% dari Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Head of International Hospitality and Tourism Business Universitas Ciputra ini mengatakan, selama ini dana promosi dari sangat terbatas atau tidak sampai 1%, padahal Surabaya memiliki 40 obyek wisata menarik yang harus dipromosikan dan dibenahi.

''Keterbatasan promosi bukan dari pemkot saja tetapi juga keputusan dewan yang berwenang mengetuk anggaran yang disetujui. Mungkin anggota dewan tidak memiliki visi yang sama dengan pemkot. Idealnya memang 4% dari PAD seperti yang dilakukan Singapura, Malaysia, Thailand, bahkan Banyuwangi sudah melakukan,'' jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO