Pembangunan Tol Kediri-Tulungagung, Bupati Ajak Kolaborasi Semua Lini

Pembangunan Tol Kediri-Tulungagung, Bupati Ajak Kolaborasi Semua Lini Dirjen Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan, Embun Sari, saat memberi pemaparan. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Proses pengadaan tanah untuk pembangunan jalan Tol -Tulungagung terus berjalan untuk mengejar pelaksanaan kontruksi pembangunan yang harus selesai sampai dengan 2024. 

Proyek pembangunan tol yang mendukung bandara baru itu masuk dalam Program Strategis Nasional (PSN) yang melintasi Kabupaten dan Kota , serta Tulungagung.

Dalam proses pengadaan tanah yang tengah berjalan, Kabupaten terlebih dahulu melakukan pembayaran uang ganti rugi (UGR) kepada sebagian pemilik lahan terdampak. Sedangkan daerah lain seperti Kota dan Tulungagung masih belum direalisasi.

Sementara itu, demi kelancaran proses pengadaan tanah, Jumat (16/6/2023) kemarin, di Pendopo Panjalu Jayati telah diadakan sosialisasi pengadaan tanah untuk kepentingan umum.

Sosialisasi diadakan Direktorat Jenderal Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan, Embun Sari, menuturkan, pembangunan kontruksi tol -Tulungagung harus selesai sampai dengan 2024. Pembangunan kontruksi itu belum bisa dimulai ketika pengadaan tanah belum selesai.

"Pengadaan tanahnya harus lebih cepat dari itu, karena kontruksi juga butuh waktu, makanya kita kejar pengadaan tanah dalam bulan-bulan ini ke depan harus selesai," tuturnya.

Dalam proses pengadaan tanah, ketika dipakai untuk kepentingan umum harus ada ganti rugi berdasarkan penilaian yang dilakukan appraisal. Setiap jengkal tanah, berikut bangunan di atasnya dan pohon yang ada akan dinilai oleh apraisal.

"Secara undang-undang mereka bertanggungjawab penuh atas nilai yang disajikan, kita juga dilarang mencampuri, mereka (appraisal) ini independent,"pungkasnya.

Sementara, Bupati Hanindhito Himawan Pramana, mengatakan, diperlukan kerjasama banyak pihak supaya Program Strategis Nasional (PSN) tol -Tulungagung itu dapat berjalan lancar.

Pembangunan tol -Tulungagung tersebut, menurutnya, bukan hanya program untuk Kabupaten , melainkan juga daerah lain baik itu Kota maupun Kabupaten Tulungagung.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO