Kenali 5 Pemicu Nyeri Asam Urat

Kenali 5 Pemicu Nyeri Asam Urat Kenali 5 Pemicu Nyeri Asam Urat. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penyakit atau asam urat merupakan radang sendi yang sering terjadi di kaki, namun tidak terkecuali dapat dirasakan di sendi lainnya. Ketika asam urat muncul, maka penderitanya akan merasakan nyeri, bengkak di persendian, kesulitan menggerakkan sendi, kemerahan, yang dapat berlangsung seminggu.

Penyebab asam urat ialah adanya penumpukan kristal asam urat atau uric acid. Tubuh manusia akan memproduksi uric acid saat memecah zat purin. Zat tersebut ditemukan secara alami dalam tubuh dan berasal dari makanan yang diasup.

Asam urat biasanya dibuang melalui urine dan feses. Apabila kadar asam urat dalam tubuh tinggi, maka penyakit tersebut akan berubah menjadi kristal berbentuk jarum di persendian sehingga dapat menimbulkan nyeri.

Berikut 5 pemicu nyeri asam urat:

1. Daging dan seafood tertentu

Makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi meliputi daging merah seperti kambing dan sapi. Jeroan pun turut menjadi pemicu naiknya asam urat. Selain itu makanan laut seperti ikan teri, kerang, sarden, dan tuna juga memiliki purin yang tinggi.

2. Makanan dan minuman tinggi fruktosa

Fruktosa adalah salah satu gula yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Minuman yang mengandung tinggi fruktosa yakni minuman ringan manis dan jus buah. Adapun makanan tinggi fruktosa seperti biskuit dan permen.

3. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan perkembangan awal asam urat. Terdapat korelasi antara indeks massa tubuh yang lebih tinggi (BMI) dan kadar asam urat yang lebih tinggi. Apabila Anda termasuk dalam kategori BMI yang tinggi atau obesitas, segeralah menurunkan berat badan.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO