Jadi Pembina Upacara Hari Pramuka ke-62, Bupati Situbondo Bacakan Sambutan Buwas

Jadi Pembina Upacara Hari Pramuka ke-62, Bupati Situbondo Bacakan Sambutan Buwas Bupati bersama Muspida Situbondo dan jajaran Majelis Pembina dan pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Situbondo saat menuju tempat upacara.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Bupati , Karna Suswandi, menjadi pembina upacara dalam peringatan Hari ke-62. Acara tersebut berlangsung di Alun-alun , Senin (14/8/2023).

Dalam kesempatan itu, pimpinan daerah yang akrab disapa ini membacakan sambutan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan , (). Menurut dia, segenap anggota di tanah air merasa bahagia dan bersyukur karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana telah genap berusia 62 tahun.

"Pada tahun ini sekaligus kita memperingati 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912. Untuk itulah, kita perlu mengucapkan banyak terima kasih kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa karena atas nikmat dan berkah-Nya, Gerakan dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program-program pemerintahan serta menangani pendidikan non-formal dalam pembentukan karakter," paparnya.

Ia menambahkan, tema utama peringatan Hari ke-62 pada tahun ini adalah 'Dengan Peringatan Hari ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan'. 

"Tema ini menunjukkan semangat Gerakan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, mencermati sumber daya manusia kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan," ucapnya.

"Di samping itu, wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara. Terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan  harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan," tuturnya menambahkan.

Lebih lanjut, bupati asli keturunan Curah Tatal, Kecamatan Arjasa, , ini menyampaikan, harus diakui, jumlah SDM yang ada di Gerakan , khususnya para pembina pramuka dan pelatih pembina pramuka jumlahnya masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas pembina serta pelatih pembina pramuka harus terus dapat ditingkatkan.

"Berkaitan dengan hal tersebut, Kwartir Nasional juga telah menaruh perhatian pada peningkatan kualitas gugus depan-gugus depan di mana pun berada. Untuk itu, saya berharap bahwa kwartir di semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan kualitas Gugus depan yang berada di wilayah masing-masing," katanya.

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO