Ketahui Ciri-Ciri File PDF Palsu untuk Waspadai Penipuan

Ketahui Ciri-Ciri File PDF Palsu untuk Waspadai Penipuan Ketahui Ciri-Ciri File PDF Palsu untuk Waspadai Penipuan. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Salah satu bentuk penipuan yang tergolong ialah phising dengan modus file PDF palsu. Phising merupakan upaya menjebak korban guna mendapatkan data pribadi, seperti nomor rekening bank, kata sandi, hingga nomor kartu kredit.

Upaya mencegah penipuan ialah dengan mengenali file PDF palsu. Dilansir dari laman @kemenkominfo, berikut ciri-ciri file PDF palsu berisiko phising:

1. Logo PDF tidak berwarna merah

File PDF biasanya akan memiliki logo khas PDF yakni berwarna merah dengan tanda PDF. Namun, apabila Anda menjumpai file PDF dengan logo selain emrah dan terlihat asing dari bentuk PDF pada umumnya, sebaiknya hati-hati dan jangan mengklik file tersebut.

2. Tidak ada preview

Pada umumnya file PDF palsu tidak ada pilihan preview yang muncul di ruang obrolan. Meskipun sebagian pengguna WhatsApp memang tak jarang menonaktifkan preview link, namun Anda harus tetap berhati-hati.

3. Nama extension mengandung huruf kapital (.Pdf/.PDF)

Nama file extension asli biasanya tidak mengandung huruf kapital sama sekali, dan hanya tersemat (.pdf). Sebaiknya Anda cermat dalam melihat nama file PDF yang diterima.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO