Dispendukcapil Kabupaten Kediri Genjot Perekaman e-KTP Jelang Pemilu 2024

Dispendukcapil Kabupaten Kediri Genjot Perekaman e-KTP Jelang Pemilu 2024 Pelayanan di Dispendukcapil Kabupaten Kediri. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Capaian pelayanan perekaman e- di Kabupaten hampir 100 persen dari total jumlah penduduk yang wajib memilikinya. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten , Wirawan, memastikan hal itu.

Ia mengatakan, hal tersebut sesuai dengan arahan Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, yang mana kegiatan pelayanan kepada masyarakat terus digenjot. Terkait pelayanan Adminduk (administrasi kependudukan) dari jumlah penduduk Kabupaten 1.679.039 jiwa, yang tercatat wajib memiliki sebanyak 1.291.233 jiwa.

"Dari jumlah penduduk yang wajib , capaian perekaman sampai hari ini sudah mencapai 99,4 persen," ujarnya, Senin (6/11/2023).

Ia menyebut, dari persentase itu capaian perekaman e- telah mencapai 1.282.694 jiwa. Mendekati , Dispendukcapil Kabupaten terus menggenjot perekaman bagi penduduk yang telah wajib , untuk menghindari penduduk yang tidak mendapatkan hak pilih karena belum memilikinya.

"Nanti 14 Februari ditargetkan yang memiliki hak pilih sudah punya ," katanya.

Mengejar pelayanan perekaman tersebut, Dispendukcapil Kabupaten mengintensifkan perekaman dengan cara jemput bola bagi penduduk disabilitas, lansia termasuk ODGJ.

Bagi pelajar yang telah berusia 17 tahun dan telah wajib ber- pada awal tahun 2023 mulai dilakukan percepatan perekaman dengan cara jemput bola ke sekolah melalui program Sahaja Putih Abu-Abu.

Disebutkan, berdasarkan data dari KPU Kabupaten jumlah pemilih pemula sebanyak 20.918 jiwa. Dari jumlah itu yang telah dilakukan perekaman sebanyak 12.054 jiwa.

Wirawan menyatakan, pihaknya juga telah mengirimkan surat ke kecamatan untuk diteruskan ke desa dan sekolah guna mensosialisasikan perekaman bagi pelajar atau penduduk yang telah berusia 17 tahun ini. Menurut dia, perekaman bisa dilakukan di tiap kantor kecamatan setempat dengan memanfaatkan program Sabtu Ceria.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO