Kopi Hitam Tidak Disarankan untuk 6 Kelompok Orang Ini, Simak Penjelasannya

Kopi Hitam Tidak Disarankan untuk 6 Kelompok Orang Ini, Simak Penjelasannya Kopi Hitam Tidak Disarankan untuk 6 Kelompok Orang Ini, Simak Penjelasannya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kopi hitam merupakan minuman yang banyak disukai karena lebih sehat dibandingkan dengan kopi susu, krimer ataupun gula.

Dilansir dari WebMd, tanpa gula bermanfaat untuk mencegah penyakit alzheimer, parkinson, demensia, serta mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Kopi hitam tidak selalu memiliki manfaat baik bagi setiap orang. Terdapat beberapa kelompok orang yang tidak disarankan untuk mengonsumsinya.

Berikut 6 kelompok orang yang tidak disarankan minum :

1. Penderita tekanan darah tinggi dan riwayat penyakit jantung

Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi dapat menyebabkan peningkatan sementara pada tekanan darah dan detak jantung.

Maka dari itu, penderita tekanan darah tinggi dan riwayat penyakit jantung tidak disarankan untuk mengonsumsi kopi.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa adanya potensi lonjakan tekanan darah dalam jangka pendek saat minum kafein.

2. Penderita sindrom iritasi usus besar

Angel Planells yang merupakan seorang ahli gizi diet terdaftar berbasis di Seattle, Washington AS mengatakan, orang yang tidak dianjurkan minum adalah penderita sindrom iritasi usus besar.

"Kafein dapat meningkatkan keteraturan buang air besar, termasuk meningkatkan kemungkinan diare, gejala utama sindrom iritasi usus besar," ujar Planells.

3. Penderita gangguan tidur

Kopi hitam dapat memengaruhi kualitas dan jam tidur malam seseorang. Hal itu dipengaruhi oleh kandungan kafein dalam minuman pahit tersebut.

Maka dari itu, penderita gangguan tidur atau sedang menderita insomnia untuk mengindari kafein, setidaknya enam jam sebelum tidur.

Namun, hasil studi dari Journal of Clinical Sleep Medicine menjelaskan bahwa kafein yang dikonsumsi bahkan enam jam sebelum tidur juga berpotensi mengganggu pola tidur.

Temuan tersebut didasarkan pada kadar 400 mg kafein yang setara dengan sekitar empat cangkir kopi.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO