Pj Wali Kota Kediri Edukasi Pentingnya HAKI pada Pelaku Usaha

Pj Wali Kota Kediri Edukasi Pentingnya HAKI pada Pelaku Usaha Sosialisasi Fasilitasi Sertifikasi HAKI 2024. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Para pelaku usaha di Kota Tahu kini semakin memahami betapa pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) usai Pj Wali Kota , Zanariah, memberikan edukasi secara daring pada para pelaku usaha dalam sosialisasi Fasilitasi Sertifikasi HAKI (Merek) 2024, Kamis (22/2/2024).

Peserta sosialisasi merupakan 150 pelaku usaha di Kota . Pada sosialisasi ini, disampaikan materi terkait dengan fungsi merek dan prosedur pendaftaran, serta tips dan trik pembuatan desain logo merk.

Pada kesempatan ini, Zanariah mengatakan bahwa Kota sebagai kota jasa dan perdagangan, sehingga potensi pertumbuhan industri perdagangan dan UKM di Kota masih bisa dioptimalkan. 

Maka dari itu, ia menyatakan Pemkot terus mendorong, membina dan mendampingi pelaku UKM agar bisa mengembangkan usahanya. Salah satunya dengan edukasi tentang pentingnya pendaftaran HAKI atau sertifikasi merek.

Pj Wali Kota menambahkan, memiliki sertifikat HAKI ini, selain sebagai dokumen legalitas usaha, juga sebagai aset yang bisa meningkatkan value dan daya saing produk. Selain itu juga sebagai dokumen hukum yang sah jika ada permasalan terkait penjiplakan.

“Fasilitasi Sertifikasi Hak Merek ini sudah berjalan beberapa tahun terakhir. Hal ini bentuk komitmen Pemkot untuk mengembangkan potensi industri perdagangan dan UKM agar bisa naik kelas,” paparnya.

Terakhir, Zanariah menjelaskan fasilitas sertifikasi hak merek untuk pelaku usaha di Kota ini semuanya gratis sehingga tidak perlu risau. Pemerintah Kota telah menyiapkan anggaran APBD untuk pendaftaran HAKI melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota . Perlindungan hak merek ini berlaku selama 10 tahun dan dapat diperpanjang.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Wahyu Kusuma Wardani, narasumber dari Kemenkum & HAM Kanwil Provinsi Jawa Timur Ridsyal Rizki Yogaswara dan narasumber dari unsur profesional Rony Setiyawan serta peserta sosialisasi. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO