Puncak Haul Kiai Moenasir, Panglima Perang NU, Pendiri Kodam V/Brawijaya, Alumnus Tebuireng

Puncak Haul Kiai Moenasir, Panglima Perang NU, Pendiri Kodam V/Brawijaya, Alumnus Tebuireng KH Moenasir Ali (kiri) dan KH Muhammad Rozy Munir (kanan). Foto: istimtiwa

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Puncak Haul Akbar KH Moenasir Ali, salah satu tokoh besar (), berlangsung malam ini, Sabtu (9/3/2024), di Kompleks Baitul Munasir Pekukuhan Mojosari Mojokekrto, Jawa Timur.

Kiai Moenasir Ali bukan hanya tokoh besar . Tapi juga tokoh besar Indonesia terutama karena jasanya dalam perang kemerdekaan Republik Indonesia.u

Kiprah Kiai Moenasir di sangat besar dan panjang. Ia pernah menjabat sebagai salah satu Ketua PB. Ketika jadi partai politik ia menjabat Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai . Bahkan Kiai Moenasir juga salah satu deklator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ia juga pernah menjabat Wakil Ketua DPR RI. Bahkan Kiai Moenasir juga pendiri Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan penggagas berdirinya Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) (). Yang terakhir ini adalah asosiasi pondok pesantren di bawah .

Dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, jejak Kiai Moenasir sangat jelas. Ia tercatat sebagai salah satu dari 9 Panglima Perang (). Kiai Moenasir juga tercatat sebagai Laskar Hizbullah dan Komandan Batalyon 39 Condromowo.

“Beliau (Kiai Moenasir) juga salah satu tokoh pendiri Kodam V/Brawijaya Jawa Timur,” kata Ir. H.M. Habibullah, MS, Sekretaris Yayasan Pendidikan Islam Dahlan Assyafi’i Mojokerto kepada BANGSAONLINE, Sabtu (9/3/2024) sore.

KH Moenasir Ali. Foto: detik.com

Gus Habibullah adalah keponakan Kiai Moenasir Ali yang kini aktif mengurus yayasannya.

Menurut Gus Habibullah, Keluarga Besar Bani Moenasir, selain menggelar haul akbar Kiai Moenasir juga menggelar haul untuk putranya, KH Muhammad Rozy Munir.

Kiai Rozy Munir juga tokoh . Semasa hidupnya ia aktif sebagai dosen Universitas Indonesia (UI).

Gus Habibullah menjelaskan bahwa haul malam ini adalah haul ke-22 untuk Kiai Moenasir dan haul ke-14 untuk Kiai Rozy Munir.

Rozy Munir pernah ditunjuk Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai Menteri Negara Penanaman Modal dan Pembinaan Badan Usaha Milik Negara Indonesia. Gus Dur juga menunjuk Rozy Munir sebagai Kepala Badan Koordinasi Penaman Modal.

Sementara pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Rozy Munir diangkat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Qatar.

KIAI MOENASIR ALUMS PESANTREN TEBUIRENG

Mneurut Gus Habibullah, Kiai Moenasir mengawali perjuangannya dengan mendapat pelatihan militer dari penjajah Jepang di Cibarusah, Bekasi, Jawa Barat.

Lihat juga video 'Gila NU dan Orang NU Gila, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (16)':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO