Ratusan Jemaah MCA Bojonegoro Gelar Salat Iduladha dan Sembelih Hewan Kurban Hari ini

Ratusan Jemaah MCA Bojonegoro Gelar Salat Iduladha dan Sembelih Hewan Kurban Hari ini Ratusan warga jemaah Majelis Cinta Alquran Bojonegoro melakukan salat id dan penyembelihan hewan kurban hari ini Minggu (16/6/2024).

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Ratusan warga yang tergabung dalam Jemaah (MCA) di , Jawa Timur, sudah menggelar salat Iduladha 1445 Hijriyah pada Minggu (16/6/2024) pagi.

Sholat Iduladha ini dilaksanakan di halaman tempat penggilingan gabah, Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander, Kabupaten

Dimulai pukul 06.30 WIB, jemaah menggelar salat dengan kusuk.

Ustaz Wahyu Kurniawan, selaku imam salat Iduladha sekaligus pengurus MCA , meyakini jika jatuh sehari setelah wukuf di Arofah, yang berlangsung pada Sabtu kemarin.

"Karena pelaksanaan Hari Raya Iduladha terikat dengan aktivitas haji di Makkah, untuk itu kami meyakini hari ini tanggal ," terangnya.

Selain itu, dia juga mengikuti para senior atau kiai dan guru yang ada di Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo yang juga telah menetapkan jatuh pada hari Minggu 16 Juni 2024.

"Kami sebagai alumni Gontor, mengikuti para senior," tambahnya.

Setelah menggelar salat Iduladha, jamaah MCA juga langsung melakukan penyembelihan hewan kurban berupa sapi dan kambing.

Meski berbeda dengan pemerintah dan mayoritas ormas Islam, namun komunitas jemaah ini tidak mempermasalahkan perbedaan. Mereka tetap saling menghargai, atau tidak menyalahkan pendapat lain.

Seperti diketahui, Pemerintah melalui Kementerian Agama serta ormas Islam, baik Nahdlatul Ulama maupun Muhammadiyah telah menetapkan , atau Hari Raya Idul Adha jatuh pada Senin 17 Juni 2024. (nur/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO