Pj Gubernur Jatim Sambut Baik Inisiasi Wes Sumatera Invesment Forum 2024 oleh Pemprov Sumbar

Pj Gubernur Jatim Sambut Baik Inisiasi Wes Sumatera Invesment Forum 2024 oleh Pemprov Sumbar

SURABAYA,BANGSAONLINE.com - Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono menyambut baik inisiasi kegiatan West Sumatera Investment Forum 2024 yang diselenggarakan Pemprov di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Rabu (17/7/2024).

Menurutnya, kegiatan ini semakin meningkatkan kerjasama antara Provinsi dengan Provinsi Sumatra Barat. 

Mulai dari membuka peluang investasi baru, meningkatkan volume perdagangan serta memperkuat hubungan kerjasama di bidang ekonomi dan pariwisata antarkedua provinsi.

"Kami mengharapkan kegiatan misi dagang dari di Jatim agar perekonomian kedua daerah bisa berkembang dan tumbuh bersama secara inklusif. Sehingga masyarakat di kedua wilayah semakin sejahtera," kata Adhy.

Lebih lanjut, dalam kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldy tersebut, Pj Gubernur Adhy menjelaskan bahwa Jatim merupakan lokomotif perekonomian nasional dengan menyumbang sebesar 14,4 persen pembentuk pada triwulan I tahun 2024.

"Diikuti dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,8 persen dan PDRB Jatim terbesar kedua se-Pulau Jawa dengan kontribusi sebesar 25 persen dari PDRB Pulau Jawa," jelasnya.

Capaian realisasi investasi Jatim pada TW I tahun 2024 pun cukup impresif yaitu mencapai Rp 36,2 T. Angka ini secara y-o-y meningkat 20,7 persen dibandingkan TW I 2023.

Capaian realisasi investasi Jatim, katanya, didominasi oleh 5 sektor, yakni sektor pertambangan Rp 7,13 triliun, sektor transportasi gudang dan telekomunikasi Rp 4,88 triliun, industri makanan Rp 4,64 triliun, sektor perumahan, industri dan perkantoran Rp 2,96 triliun serta industri logam dasar, barang logam bukan mesin serta peralatan Rp 2,93 triliun.

" juga memiliki Investment Project Ready to Offer (IPRO) untuk ditawarkan kepada investor. IPRO terdiri dari 4 sektor, yakni infrastruktur, manufaktur, properti dan pariwisata," tuturnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO