Elektabilitas Khofifah-Emil Menguat, Tinggalkan Jauh Risma-Hans dan Luluk-Lukman

Elektabilitas Khofifah-Emil Menguat, Tinggalkan Jauh Risma-Hans dan Luluk-Lukman Rilis survei ARCI untuk Pilgub Jatim periode 1 - 9 Oktober 2024. Foto: M Didi Rosadi/BANGSAONLINE

SURABAYA,BANGSAONLINE.com - Survei yang dilakukan Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menunjukkan penguatan elektablilitas paslon -Emil.

Dalam survei yang dilaksanakan mulai 1 - 9 Oktober 2024 itu, elektabilitas paslon -Emil mencapi 63,4 persen. Sedangkan pasangan -Gus Hans 27,1 persen, dan -Lukman 2,8 persen.

Baca Juga: Nasdem Panaskan Mesin untuk Total Menangkan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Sirajt menjelaskan, dalam kondisi normal elektabilitas -Emil sulit dikejar pasangan lain. Termasuk -Hans yang membuntuti di belakang -Emil.

"Kalau melihat kemantapan pemilih pasangan -Emil yang mencapai 81,3 persen. Tampaknya sulit untuk pasangan calon lain mengejar. Apalagi, praktis pilgub tinggal sebulan lagi," terang Baihaki, dalam rilis survei pilgub di Hotel Elmi Surabaya, Senin (14/10/2024).

Baihaki mengungkapkan, dengan tingkat kemantapan pemilih 81,3 persen, -Emil sangat sulit terkejar. Ia mengakui pernah ada peristiwa calon yang tingkat kemantapan pemilihnya tinggi bisa dikejar, yakni di Pilgub Jakarta 2017.

Baca Juga: Kampanye Pilgub Jatim 2024, Khofifah Blusukan ke Pasar Soponyono

Ia melanjutkan, saat itu pasangan Ahok-Djarot yang tingkat kemantapan pemilihnya mencapai 85 persen, tapi bisa dikalahkan oleh pasangan Anies-Sandi. Namun itu terjadi karena adanya tsunami politik yang eskalasinya nasional.

"Waktu Pilgub Jakarta 2017, Ahok tersandung kasus penistaan agama. Karena itu, ia yang tingkat kemantapan pemilihnya tinggi bisa terjungkal. Namun peristiwa itu sulit terulang, apalagi di Jawa Timur," terang Baihaki.

Baihaki membeberkan, dari kemantapan pemilih -Emil 81,3 persen itu, ada potensi 15,7 persen pemilih berubah pilihan. Sementara dari kemantapan pemilih -Hans 69,2 persen, ada potensi 23,1 persen pemilih berubah haluan.

Baca Juga: Khofifah Apresiasi Gerakan Jurkam Emak-emak yang Diinisiasi Ketua DPW PKS Jatim

"Jadi bisa dibilang, pemilih -Emil yang paling solid, sulit untuk digoyahkan atau berubah haluan," pungkasnya. (mdr/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO