Bantu Atasi Kekeringan, Bunda Indah Kirim 100 Tangki Air Bersih ke Puluhan Desa di Lumajang

Bantu Atasi Kekeringan, Bunda Indah Kirim 100 Tangki Air Bersih ke Puluhan Desa di Lumajang Calon Bupati Lumajang nomor urut 2, Indah Amperawati atau yang akrab disapa Bunda Indah saat menyalurkan air bersih bagi warga terdampak kekeringan.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Calon Bupati Lumajang nomor urut 2, Indah Amperawati atau yang akrab disapa , memberikan bantuan air bersih untuk puluhan desa terdampak kekeringan saat musim kemarau tahun ini.

"Hari ini, kemarau terasa lebih panjang dan musim hujan datang lebih lambat. Dari relawan kami mendengar bahwa ada puluhan desa di Lumajang yang saat ini terkendala air bersih akibat kekeringan," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (17/10/2024).

Baca Juga: Begini Alasan Nyai Bad Dukung Pasangan Dhito-Dewi di Pilkada 2024

Menurut dia, kepedulian kepada sesama dilakukan oleh kelompok relawan dan simpatisan -Mas Yudha, sekira sejak sebulan lalu.

"Ke depan, mudah-mudahan kemaraunya segera berakhir," tuturnya.

menyebut, bantuan air bersih akan dilakukan secara bertahap di beberapa desa yang terdampak kekeringan. Per hari ini, distribusi telah mencakup wilayah Ranuyoso, Klakah, Gucialit, Kedungjajang, Randuagung dan Padang.

Baca Juga: Politisi PDIP Ungkap Alasannya Pilih Pasangan MUDAH di Pilbup Pasuruan 2024

Total air bersih yang dikirim mencapai 100 tangki, di mana setiap tangki berisi 8.000 liter air. Pengiriman air bersih ini sudah dimulai sebelumnya dan direncanakan akan berlanjut.

berharap, bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terkena dampak kekeringan, karena air bersih adalah kebutuhan dasar manusia.

"Ketika kekeringan, sumber mata air di beberapa daerah mengalami kekeringan, sehingga masyarakat kesulitan untuk mandi, minum, dan kebutuhan lainnya. Kami berharap ini bisa membantu,” katanya.

Baca Juga: Debat Publik Pertama Pilkada Nganjuk 2024, Relawan Paslon Nomor Urut 1 Gelar Nobar

Ia juga menegaskan, distribusi air bersih selama masa kekeringan ini merupakan bentuk nyata kepedulian Indah-Yudha terhadap masyarakat. 

“Ini adalah solusi nyata yang diharapkan bisa maksimal meringankan beban masyarakat,” ucapnya.

Selain memastikan alokasi air bersih itu telah menuai manfaat, berkomunikasi langsung dengan masyarakat, mendasari niatannya mencari solusi terbaik, sedianya permasalahan kekurangan air bersih itu berakhir.

Baca Juga: Khofifah Dibuat Takjub saat Kunjungi Produksi Mobil Klasik di Sidoarjo

Diakui warga, peristiwa telah dialami sekian lamanya, dan hingga kini pemerintah dianggap belum mampu menyuguhkan titik penyelesaian. Apabila diberi amanah oleh masyarakat,  menyebut pihaknya akan melakukan kerja sama dengan Pemkab Probolinggo dan pemerintah pusat.

"Saya akan kerjasama dengan Pemda Probolinggo, untuk kami meminta sedikit air dari sumber mata Ronggojalu, yang debit airnya luar biasa besar. Dan Insyaallah, itu sudah disetujui. Kemudian, pemerintah pusat juga bisa memfasilitasi pembangunan sarana air bersih," paparnya. (ron/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasangan Edi Hadiyanto Daftar Bacakada Situbondo ke PPP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO