Bunda Indah 'Diserang' di TikTok, Pegiat Medsos: Kandidat Terkuat

Bunda Indah Calon Bupati Lumajang nomor urut 2, Indah Amperwati atau yang akrab disapa Bunda Indah saat menyalurkan bantuan bagi korban puting beliung. Foto: IMRON GHOZALI/BANGSAONLINE

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Indah Amperwati atau yang akrab disapa , kerap menjadi sasaran kampanye hitam di platform media sosial, terutama TikTok. Mereka ditengarai menggunakan jasa khusus untuk menyerang personal calon Bupati Lumajang nomor urut 2 itu. 

Kampanye hitam di media sosial tampak dari keseragaman komentar yang menggunakan nama anonim. Terkait hal tersebut, pemerhati media sosial dan Pilkada Lumajang, Asriafi Ath Tha'ariq, menyebut serangan pada pribadi dilakukan untuk mempengaruhi pilihan masyarakat.

Baca Juga: Begini Alasan Nyai Bad Dukung Pasangan Dhito-Dewi di Pilkada 2024

Ia mengaku telah melihat serangan kepada , terutama di Tiktok. Serangan kampanye hitam sudah terdeteksi sejak beberapa bulan lalu, namun menjadi kian masif ketika memasuki tahapan pencalonan Pilkada Lumajang.

memang paling banyak diserang. Mungkin karena menjadi kandidat terkuat. Namun saya melihat, cara-cara pihak yang melakukan kampanye hitam ini pakai isu provokatif. Bahkan netizen justru banyak yang membela ,” ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (17/10/2024).

Dijelaskan olehnya, serangan kepada salah satu calon bupati ini hampir semua materi isinya adalah reproduksi isu basi, di mana upaya ‘memasak’ kembali rumor itu dilakukan secara eksesif. Tapi, masyarakat terlihat tidak berpengaruh lantaran para pendukung juga membalas, atau menjawab serangan itu di kolom komentar dengan santun.

Baca Juga: Politisi PDIP Ungkap Alasannya Pilih Pasangan MUDAH di Pilbup Pasuruan 2024

“Isu-isu yang diangkat untuk menyerang tidak mempengaruhi pola pikir masyarakat Lumajang. Bahkan, netizen banyak yang menyebut cara-cara seperti itu sudah ketinggalan zaman. Jadi, diserang di TikTok, netizen membelanya,” paparnya.

Sebagai Ketua Relawan Pengusaha Muda (Repnas) Lumajang, ia melihat kampanye negatif sebagai cara-cara pihak yang panik atas tingginya elektabilitas Indah-Yudha dalam . Menurut dia, kampanye hitam tidak akan menyurutkan para relawan untuk memenangkan Indah Amperwati dan Yudha Adji Kusuma pada pesta demokrasi November mendatang.

“Kami melihat bahwa pasangan dan Mas Yudha memiliki visi dan misi yang selaras dengan kebutuhan dan aspirasi pemuda di Lumajang. InsyaAllah ke depan, Lumajang aman dan sejahtera,” pungkasnya. (ron/mar)

Baca Juga: Debat Publik Pertama Pilkada Nganjuk 2024, Relawan Paslon Nomor Urut 1 Gelar Nobar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasangan Edi Hadiyanto Daftar Bacakada Situbondo ke PPP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO