Ditinggal Pipis, Backhoe di Lamongan Ludes Terbakar

Ditinggal Pipis, Backhoe di Lamongan Ludes Terbakar HANGUS: Backhoe yang terbakar saat ditinggal kencing. foto: haris/BANGSAONLINE

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Diduga akibat hubungan pendek arus listrik (korslet), sebuah eksavator atau backhoe ludes dilalap api saat dipakai mengerjakan proyek pembangunan perumahan Galadriel Regency di Desa Surabayan, Kecamatan Sukodadi, Selasa (27/10/2015).

Keterangan sejumlah saksi mata menyebutkan, kejadian itu bermula saat backhoe dalam keadaan hidup usai dipakai mengeruk tanah di lokasi proyek. Saat itu operator backhoe, Hendrik (45) meninggalkan mesin dalam keadaan hidup untuk kencing.

"Saat itulah terdengar dup.. ledakan kecil yang langsung membakar backhoe," ungkap petugas Teknis Lapangan Muhammad David.

Tahu api membesar, para pekerja berupaya memadamkan api dengan cara menyiramkan air galon. "Api sudah membesar apalagi merembet ke tangki bahan bakar dan sempat terdengar ledakan kecil," ujarnya.

Api baru padam setelah satu unit PMK Lamongan datang ke lokasi untuk melakukan pemadaman dan pembasahan meskipun backhoe terlanjur sudah ludes dilalap api.

Kapolsek Sukodadi, Iptu Beni Ulang melalui Paur Subbag Humas Polres Lamongan, Ipda Raksan yang dikonfirmasi menyatakan bahwa terbakarnya backhoe ini diduga karena hubungan pendek arus listrik.

"Dari keterangan sejumlah saksi, api berasal dari sejumlah kabel yang memercikkan api dan menyambar bahan bakar solar sehingga api dengan cepat membesar," ungkapnya.

"Kerugian akibat kejadian ini ditaksir mencapai ratusan juta rupiah dan alat tersebut sifatnya menyewa," tandasnya. (ais/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO