Inilah 5 Pimpinan KPK, Agus dapat Suara Terbanyak, Johan dan Busyro Tersingkir

Inilah 5 Pimpinan KPK, Agus dapat Suara Terbanyak, Johan dan Busyro Tersingkir Agus Rahardjo.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Dua calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi dari kalangan internal, yaitu Busyro Muqodas dan Johan Budi Sapto Pribowo, gagal dalam sesi pemungutuan suara. Pada pemungutuan suara yang dilakukan di Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat, mereka tersisih dari para rivalnya.

Johan hanya mendapatkan 25 suara, sedangkan Busyro hanya mengantongi 2 suara. Adapun Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Agus Rahardjo mendapat suara terbanyak. 

Komisi Hukum hanya memilih 5 dari 10 calon yang lolos tahapan fit and proper test. ‎"Maka yang terpilih sebagai pimpinan periode 2015-2019 adalah Alexander Marwata, ‎Saut Situmorang, Basariah Panjaitan, Agus Rahardjo, serta Laode Muhammad Syarief," ‎kata pemimpin sidang pleno, Azis Syamsuddin, di ruangan Komisi Hukum DPR, Jakarta, Kamis, 17 Desember 2015.

Selanjutnya, Komisi Hukum akan menggelar pemungutan suara lanjutan untuk menentukan Ketua . Mekanismenya, dari lima calon yang terpilih, anggota komisi yang berjumlah 54 orang harus memilih satu orang calon. "Jika lebih atau kurang dari itu, maka suara tidak sah," ujar Azis.

Lolosnya beberapa nama memang sudah terendus sejak awal. Bahkan sejumlah fraksi sudah menjagokan tiga calon, yakni Basaria Panjaitan dan Alexander Marwatta disuarakan secara terang-terangan.

“Basaria merupakan satu dari lima nama yang kami siapkan,” kata anggota Komisi Hukum dari Fraksi Partai Demokrat yang tak mau disebutkan namanya.

Sumber: Tempo.co

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO