Tiap Desa di Jember bakal Terima Rp 1,5 M

Tiap Desa di Jember bakal Terima Rp 1,5 M

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Setiap desa di Jember bakal mendapatkan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar. Sebab, dana yang akan diberikan kepada 248 desa di sana pada tahun 2016 mencapai Rp 346 miliar.

"Seluruh desa di Jember akan digelontor anggaran mencapai Rp346 miliar dan angka tersebut bukan angka yang kecil, namun sangat fantastis," kata Penjabat Bupati Jember Supaad kepada wartawan, Jum'at (1/1).

Dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 1 miliar untuk setiap desa. Sedangkan sisanya merupakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jember yang dialokasikan sebesar Rp 500 juta per desa/kelurahan.

"Ketentuan itu sudah menjadi undang-undang. Kami berharap dengan dana itu, setiap desa bisa membangun ekonomi desanya berikut sumber daya manusia dengan sebaik-baiknya," tuturnya.

Menurutnya, dana tersebut lebih dari separuh anggaran pembangunan di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) karena masing-masing SKPD memiliki anggaran pembangunan tidak lebih dari Rp700 miliar.

"Desa benar-benar akan menjadi penggerak pembangunan di tahun ini, sehingga kepala desa bersama perangkatnya harus membangun desanya dengan maksimal dan masyarakat bisa sejahtera," cetusnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO