Menakertrans Minta Hari Buruh Jadi Momentum Solidaritas

Menakertrans Minta Hari Buruh Jadi Momentum Solidaritas Menakertrans Muhaimin Iskandar saat menghadiri acara Haul KH Bisri Syansuri di Pesantren Manbaul Ma'arif Denanyar Jombang, Rabu (30/4/2014). foto : m syafi’i/BangsaOnline

JOMBANG (BangsaOnline) – Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar, meminta agar peringatan Hari Buruh Internasional, 1 Mei besok dijadikan momentum untuk membangun solidaritas antara buruh dengan pengusaha. Hal itu dikatakan Menakertrans, saat berada di Jombang, usai menghadiri acara Haul KH Bisri Syansuri, Rabu (30/4/2014) sore.


Muhaimin menyatakan, pemerintah tidak membatasi aktifitas buruh dalam memperingati hari buruh internasional. Namun dia , para buruh bisa mengisi hari libur pada 1 Mei dengan kegiatan positif serta kegiatan yang mendukung iklim dunia kerja dan dunia usaha di Indonesia.

Jika buruh menggelar aksi turun jalan, diharapkan tidak mengganggu kepentingan publik. "Pertama, jadikan momentum untuk membangun solidaritas antara buruh dengan perusahaan, kedua, gunakan hari buruh untuk mengekspresikan harapan, tuntutan kepada pemerintah," ujar Cak Imin, panggilan akrabnya.

Pemerintah, lanjut Muhaimin Iskandar, akan menyimak dan siap memediasi tuntutan para buruh yang akan disampaikan dalam aksi-aksi buruh di berbagai daerah. "Sampaikan, kami siap mendengarkan dan akan menindaklanjuti apa yang menjadi harapan teman-teman buruh," terangnya.

Momentum hari buruh internasional, yang dijadikan sebagai hari libur nasional, tambah Muhaimin, diharapkan bisa dimanfaatkan dengan melakukan kegiatan positif. "Mari kita rayakan hari buruh 1 Mei ini dengan kegiatan-kegiatan yang positif,"

Muhaimin Iskandar menyatakan, pemerintah pusat melalui kementerian tenaga kerja juga tengah menyempurnakan peraturan tentang sistem outsourching dalam hubungan kerja antara perusahaan dengan buruh. "Pemerintah sedang menyempurnakan, memang bertahap, karena pengusaha juga butuh waktu," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sejumlah Pemuda di Pasuruan Dukung Muhaimin Maju Calon Presiden 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO