Tak Mampu Bayar UMK Rp 3 Juta, 9 Perusahaan di Gresik Minta Penangguhan UMK

Tak Mampu Bayar UMK Rp 3 Juta, 9 Perusahaan di Gresik Minta Penangguhan UMK

GRESIK, BANGSAONLINE.com - UMK (Upah Minimum Kabupaten) tahun 2016, yakni Rp 3.042.500 yang ditetapkan Gubernur Jatim, H. Soekarwo mulai membuat pengusaha di Kabupaten kelimpungan. Khususnya, perusahaan yang bergerak dalam sektor padat karya.

Seperti pasca penetapan UMK tahun lalu, dari sekitar 1.800 perusahaan di , saat ini sudah ada 9 perusahaan yang menyatakan keberatan. Mereka meminta kepada Gubernur agar menangguhkan UMK di perusahaannya.

Ke-9 perusahaan itu adalah, PT Indoplast Makmur, di Jalan Mayjend Sungkono No. 61-65 . Warung Apung Rahmawati, Jalan Dr Wahidin SH 109 Kebomas. PT Media Teknika, Jalan Panglima Sudirman Ruko Dinari Blok E, Sidokumpul, .

Kemudian, PT Surabaya Mekabox, Jalan Raya Bambe KM 18 Driyorejo. PT Evitex Naya Manggala Jalan Raya Krikilan KM 28 Driyorejo. PT Priority One Indonesia, Jalan Krikilan KM 28 Driyorejo. dan PT Royal Oriental Raplastex, Jalan Krikilan KM 27,5 Driyorejo.

Kepala Disnakertrans (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi) Pemkab , Mulyanto, membenarkan adanya 9 perusahaan yang mengajukan penangguhan UMK itu. "Betul, 9 perusahaan itu sudah ajukan penangguhan UMK ke Gubernur," tegas Mulyanto, Jumat (22/1).

Darj 9 perusahaan yang keberatan dengan penetapan UMK 2016 itu, kata Mulyanto, harus menunggu ACC dulu dari Gubernur. "Gubernur akan terjunkan tim terlebih dahulu ke perusahaan tersebut untuk lakukan survei," terang Mulyanto.

Survei itu meliputi audit keuangan, kondisi perusahaan, tenaga kerja/buruh, dan lainnya."Nanti akan ada tim survei independen. Kalau hasil survei itu diketemukan bukti kalau perusahaan itu benar tidak mampu, maka tahap awal akan dilakukan penangguhan UMK. Artinya,UMK tidak diberlakukan di perusahaan itu terlebih dulu," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO