Pengisian Jabatan Sekda Gresik Tak Perlu Tunggu 6 Bulan

Pengisian Jabatan Sekda Gresik Tak Perlu Tunggu 6 Bulan Kepala BKD Pemkab Gresik, M.Nadlif

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati-Wabup Gresik, SQ (Sambari Halim Radianto-Moh. Qosim) jilid II, tidak akan menggulirkan gerbong mutasi jilid I hingga enam bulan ke depan pasca yang bersangkutan dilantik Gubernur Jatim, H.Soekarwo, Rabu, 17 Februari 2016. Hal ini menindaklanjuti adanya UU (Undang-Undang) Nomor 8 Tahun 2015, tentang Pilkada (pemilihan kepala daerah), dan UU Nomor 5 Tahun 2014, tentang ASN (Aparatur Sipil Negara). Juga, SE (Surat Edaran) Menpan RB, Nomor 2 Tahun 2016, tentang penggantian pejabat pasca Pilkada.

Dalam pasal 162 ayat 3UU Nomor 8 Tahun 2015, dan pasal 116 UU Nomor 5 Tahun 2014, kepala daerah dilarang menggantikan pejabat di jajarannya dalam kurun waktu enam bulan setelah dilantik. "Kami jelas akan patuhi aturan itu," kata Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) , M.Nadlif, Selasa (1/3).

Artinya, lanjut Nadlif, Bupati tidak akan lakukan rotasi (mutasi) jabatan. Hal itu akan dilakukan hingga kurun waktu enam bulan seperti amanat peraturan perundang-undangan. Hanya, kata Nadlif, Bupati, dalam waktu dekat ini akan mengisi kekosongan jabatan Sekda. Sebab, jabatan Sekda sekarang dijabat oleh Plt (pelaksana tugas).

Menurut Nadlif, pengisian jabatan yang kosong itu tidak menyalahi aturan. Sebab, apa yang dilakukan Bupati hanya mengisi kekosongan jabatan. "Untuk pengisihan jabatan Sekda kita tidak perlu menunggu waktu enam bulan setelah Bupati dilantik seperti amanat peraturan perundang-undangan," jelas dia.

Tim Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan) segera menyiapkan pengisihan jabatan Sekda definitif. Persiapan dimaksud di antaranya, mengadakan lelang jabatan Sekda secara terbuka. Tahap awal akan lakukan penjaringan. Kemudian seleksi.

"Nanti pejabat yang memenuhi syarat itu yang akan mengikuti lelang," terangnya.

Ditambahkan Nadlif, untuk pelelangan jabatan eselon II seperti Sekda dilakukan dengan cara lelang itu sesuai dengan amanat UU Nomor 5 Tahun 2014, tentang ASN.

Sementara kabar yang beredar di , ada empat kandidat pejabat eselon II yang akan dimunculkan untuk mengisi jabatan Sekda dengan cara lelang terbuka. Mereka adalah, Kepala Dishub (Dinas Perhubungan) , Andhy Hendro Wijaya, Kepala DPU(Dinas Pekerjaan Umum), Bambang Isdianto, Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah), M.Nadlif dan Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah), Tugas Husni Syarwanto.

Kalau dilihat dari pertimbangan karir, kemungkinan untuk pengisian jabatan Sekda melalui lelang jabatan, akan diprioritaskan pejabat yang karirnya (pensiunnya,red) masih panjang. Sebab, untuk biaya lelang tersebut tidak sedikit.

"Saya dengar pejabat yang dijadikan Sekda nanti yang pensiunnya masih panjang," kata salah satu pejabat eselon II di lingkup . (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO