BNPT Tangani Terorisme Gunakan Pendekatan Soft dan Hard Approach

BNPT Tangani Terorisme Gunakan Pendekatan Soft dan Hard Approach Terorisme jadi topik pengajian bulanan di kantor PP Muhammadiyah, tadi malam.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme () menyebutkan dalam penanganan kasus terorisme pihaknya lebih mengedepankan pendekatan baik soft approach maupun hard approach

"Karena tidak punya kewenangan dalam menangkap dan tidak bisa melakukan penahanan kepada pelaku teror," ujar Deputi Penindakan dan Pembinaan Kemampuan Irjen Pol Arief Dharmawan usai menjadi pembicara di pangajian bulanan Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Jl Menteng Raya 62 Jakarta Pusat, Jum'at (8/4) malam.

Arief menegaskan maksud pendekatan hard approach ialah bekerjasama dengan kepolisian, pemerintah, pemerintah daerah, dan LSM untuk melakukan sharing agar terorisme tidak muncul kembali.

Sementara soft approach yaitu kontra propaganda, deradikalisasi, dan media literasi untuk memberdayakan masyarakat.

"Ternyata pas dievaluasi ternyata kepedulian tetangga kurang, karena para tetangga tidak tahu apa yang dilakukan para pelaku," kata dia.

Pendekatan hard approach merupakan pendekatan hukum yang dilakukan tanpa ada hal yang berkaitan dengan pelanggaran HAM.

" tidak punya tangan untuk melakukan sesuatu dalam upaya paksa penangkapan. Tapi membantu aparat bagaimana cara penangkapan kepada seseorang dan bagaimana memberikan bukti penangkapan yang cukup, supaya tindakan hukum punya landasan yang kuat," tegasnya. (jkt1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO