Peringati Hari Otda Ke-20, Kemendagri Beri Penghargaan Pemda Berkinerja Baik

Peringati Hari Otda Ke-20, Kemendagri Beri Penghargaan Pemda Berkinerja Baik HM. Anton, Wali Kota Malang, saat menerima pengharhaan Satya Lencana dari Wapres RI Jusuf Kalla di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DIY.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Kementerian Dalam Negeri () Republik Indonesia, memperingati hari Otonomi Daerah (Otda) ke 20, Senin (25/04), di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta. 

Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa peringatan hari Otda ke 20 ini bertujuan menghilangkan asumsi sentralistik dan mengembalikan semangat otda. Selain itu agar potensi daerah daerah lebih tereksplorasi sehingga memunculkan daya saing antar Pemda.

Dalam acara yang mengambil tema "Memantapkan Otonomi Daerah Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN" ini,  juga memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang berhasil melaksanakan penyelenggaraan pemerintah secara bersih dan apik.

atas nama Pemerintah memberikan penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha. Yaitu, penghargaan tertinggi dalam bidang pemerintahan kepada pemerintah daerah yang selama 3 tahun berturut-turut bersatus kinerja terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Selain itu, diberikan juga penghargaan Satyalancana Karyabhakti Praja Nugraha kepada 3 provinsi, 10 kabupaten dan 10 kota yang bersatus kinerja terbaik berdasarkan hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Penghargaan ini, merupakan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).

Daerah yang mendapatkan penghargaan berprestasi kinerja terbaik tahun ini, antara lain untuk kategori Provinsi yakni Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Untuk kategori Pemerintah Kabupaten yang menerima penghargaan: Tulungagung, Pinrang, Sidoarjo, Pasaman, Nganjuk, Bantul, Lamongan, Kudus, Kulon Progo dan Bintan.

Sedangkan untuk kategori Kota penerima penghargaan yakni Surabaya, Semarang, Probolinggo, Samarinda, Madiun, Balikpapan, Surakarta, Malang, Blitar dan Mojokerto. (iwa/thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO