Kampung Hidroponik Pulo Wonokromo Manfaatkan Gang Sempit

Kampung Hidroponik Pulo Wonokromo Manfaatkan Gang Sempit Roy Maulana, Koordinator Kader Lingkungan di Keluarahan Jagir, dengan hidroponik yang dirintisnya. foto: mega melati/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Kampung Pulo Wonokromo Wetan sudah berubah 180 derajat menjadi kampung hijau dan bersih. Dulu kampung ini kumuh, dan warganya tak peduli kebersihan sama sekali.

Roy Maulana (41), Koordinator Kader Lingkungan RT 05/RW 04 Kelurahan Jagir, menegaskan hal ini, Jumat (23/09/2016), di rumahnya.

Saat masuk gang sempit kampung Pulo Wonokromo Wetan RT 05/RW 04 Kelurahan Jagir, akan terlihat bermacam-macam tanaman di kanan kiri jalan. Jalan paving yang berwarna-warni, dan di salah satu tembok rumah warga terlihat ada lukisan yang mencuri pandangan. Nuansa hijau dan bersih terlihat jelas.

Kampung ini mempunyai kebun dengan menanfaatkan lahan sempit. Ditanam bermacam-macam sayuran. Tempatnya, di ujung gang.

Kampung ini berawal Roy ditawari pembina dari Jambangan, yang telah bekerjasama dengan Pertamina, untuk mengikuti pelatihan hiroponik ke Sidoarjo, bersama ketua RT 02/RW 04.

Setelah mengikuti pelatihan, Roy mangaplikasikan hasil pelatihan di kampungnya. Dan ternyata pengaplikasiannya berhasil. Tanaman yang pernah ditanam Roy seperti kangkung, selada, sawi, tomat, tumbuh subur dan panen.

Untuk saat ini, yang ada di RT 05/RW 04 ini masih ada satu yang berukuran mini, karena lahan yang ada sangat terbatas, dan tempat yang bisa terkena sinar matahari langsung masih kurang. “Ada juga di RT 02,” kata dia.

Menurut Roy, penanaman sayur-mayur dengan lebih mudah dan lebih cepat. “Saya pernah menanam tomat di media tanah. Tanamannya tinggi, tetapi lama berbuah. Sedangkan di , setelah dua minggu, sudah tumbuh buah tomatnya,” aku Roy.

Hasil sampai saat ini hanya untuk dikonsumsi warganya sendiri. Karena untuk memenuhi kebutuhan pasar, masih sangat kurang.

“Ini baru saja saya panen sayur-sayurannya. Setelah ini saya mau coba menanami cabai. Karena sepertinya ini lebih cocok untuk tanaman berakar,” jelas Roy. (mega melati/UTM)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO