Awal Tahun Baru Islam, Peziarah Padati Alas Ketonggo

Awal Tahun Baru Islam, Peziarah Padati Alas Ketonggo Pengunjung yang memadati Alas Srigati di malam 1 Syuro kemarin. foto: ZAINAL A/ BANGSAONLINE

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Awal pergantian tahun baru Islam atau di bulan Muharram ini, biasanya identik dengan ritual, khususnya untuk kalangan orang Jawa. Demikian juga dengan masyarakat daerah Ngawi dan sekitarnya.

Pada awal masuknya bulan Muharram ini, salah satu tempat yang ramai dikunjungi adalah Srigati yang dikenal dengan Alas Ketonggo. Lokasi Pesanggrahan Srigati terletak 12 Km arah barat daya kota Ngawi, tepatnya di Desa Babadan Kecamatan Paron. Lokasinya cukup strategis, karena bisa ditempuh dengan berbagai alat transportasi/kendaraan bermotor.

Pesanggrahan Srigati merupakan obyek wisata spiritual yang menurut masyarakat Jawa merupakan salah satu dari alas (hutan) angker atau wingit. Menurut penduduk setempat adalah pusat keraton lelembut/makhluk halus. Di lokasi ini juga terdapat petilasan Raja Brawijaya.

Konon, tempat ini dulunya adalah tempat peristirahatan Prabu Brawijaya V setelah lari dari kerajaan Majapahit karena kerajaan diserbu oleh bala tentara Demak di bawah pimpinan Raden Patah. Di sini, terdapat Pelenggahan Agung yang banyak dijadikan sebagai tempat bermeditasi bagi mereka yang ingin ngalap berkah dalam usaha dan lain-lain.

Masyarakat sekitar percaya bahwa pelenggahan tersebut merupakan tempat di mana Raden Wijaya bertapa mencari petunjuk sebelum membangun kerajaan Majapahit di Srigati. Juga terdapat sebuah batu besar yang biasa di sebut "Watu Gede". Konon, di sinilah pintu gerbang kerajaan "Dunia Lain" yang ada di sana. Selain itu, di sini ada sebuah tempat bertemunya dua muara sungai yang disebut "Kali Tempuk" yang sering digunakan untuk mandi bagi mereka yang mendalami ilmu kekebalan, agar awet muda, dan berbagai tujuan lainnya.

Dengan adanya daya tarik tersendiri itulah tempat ini ramai dikunjungi. Biasanya pada saat 1 Muharam atau pergantian malam bulan Hijriyah selalu dipadati ribuan pengunjung dari berbagai daerah. Sejak waktu mulai beranjak malam para pengunjung mulai berdatangan. Mereka ada yang datang dengan cara berkelompok dan perseorangan. Terlihat dari plat nomor mobil yang dipakai pengunjung, mulai daerah Yogyakarta, Solo, Semarang.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO