APBD Minim, DPRD Kabupaten Pacitan Siap Backup

APBD Minim, DPRD Kabupaten Pacitan Siap Backup Bencana banjir yang menggenangi permukiman warga. Foto: IST

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Alokasi dana tak terduga pada APBD , Tahun Anggaran 2017 tinggal menyisakan tak lebih dari Rp 1,3 miliar. Tentu minimnya anggaran yang diperuntukan penanggulangan bencana alam dan bencana sosial tersebut tidaklah cukup untuk meng-cover penanggulangan banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi Selasa (28/11) kemarin.

"Memang nggak cukup dengan anggaran tersebut," ujar Bupati Pacitan Indartato, dalam siaran persnya, ‎Rabu (29/11).

Karena itu, bupati akan mengintensifkan penggalangan dana serta bantuan dari pemerintah provinsi ataupun pihak-pihak yang peduli atas musibah bencana alam tersebut.

"Kita akan upayakan menggalang pendanaan, baik dari swasta maupun dari pemprov. Sebab alokasi anggaran tak terduga kita memang sudah tidak cukup lagi," jelasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono menyatakan siap mendukung atas kebijakan pemkab terkait pengalokasian anggaran tak terduga yang mungkin dinilai masih sangat minim.

"Kalau memang pemkab mengusulkan, kami (DPRD) siap mendukung sepanjang sesuai ketentuan aturannya. Pada prinsipnya, legislatif itu membahas dan menyetujui," jelas Ronny, ditempat terpisah.

Ronny menegaskan, saat ini situasi memang lagi gawat-darurat. Sehingga pemkab perlu anggaran sangat besar untuk penanggulangan paska bencana. "Karena itu OPD-OPD bisa saja mengalokasikan sebagian anggarannya untuk menanggulangi situasi emergency seperti ini. Kami siap memback-up, sepanjang sesuai aturan," tegasnya. (yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO