Separuh Perkampungan Teleng Pacitan Hanyut Terseret Air Bah

Separuh Perkampungan Teleng Pacitan Hanyut Terseret Air Bah Kondisi perkampungan yang rata dengan tanah usai diterjang banjir bandang. foto: ist

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Hampir separuh permukiman di RT 05 RW 11 Lingkungan Teleng, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan, ludes tersapu air bah.

Permukiman padat yang banyak dihuni para nelayan itu tak ubahnya seperti sungai Grindulu kedua. Begitu pun kawasan wisata Pantai Teleng Ria yang dikelola PT L. John Tirta Emas Wisata, juga tenggelam.

"Saat ini memang sudah surut. Namun semalam hingga pagi tadi, di kampung tersebut tak ubahnya seperti sungai. Sebab hampir semua pemukiman hanyut tersapu air bah," kata Danur Suprapto, salah seorang warga, Rabu (29/11) malam.

Menurutnya, luapan air tersebut berasal dari muntahan sudetan aliran sungai yang mengarah ke laut. "Sehingga arus air yang menuju ke laut tidak mengalir lancar d‎an meluber ke perkampungan. Suasana saat itu begitu mencekam. Sebab suara gemuruh air menghantam bangunan sangat keras terdengar. Hampir setengah perkampungan hilang," tuturnya.

Lebih lanjut Danur mengungkapkan, banyak warga di perkampungan itu harus kehilangan tempat tinggalnya. Tak sedikit pula mereka yang harus kehilangan surat-surat berharga. Seperti surat tanah, ijazah, serta dokumen-dokumen penting lainnya.

"Sekarang mereka hanya bisa berharap bantuan dari pemerintah," tandasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO