Puluhan Anggota Kodim 0801 Pacitan Jalani Tes Urine

Puluhan Anggota Kodim 0801 Pacitan Jalani Tes Urine Para anggota TNI saat menjalani tes urine. (foto: ist)

PACITAN. BANGSAONLINE.com - Perang terhadap penggunaan narkoba dan obat-obatan terlarang juga dilakukan jajaran TNI di Pacitan. Terkait hal itu, sedikitnya sebanyak 85 anggota TNI dari Makodim 0801 Pacitan, menjalani test urine.

Menurut Kasdim 0801 Pacitan Mayor (inf) Bayu Sigit Dwi Untoro, kegiatan ini merupakan program persimester yang dilakukan untuk mengecek setiap anggota Kodim 0801 Pacitan, agar tidak ada yang mendekati bahkan sebagai pemakai narkoba.

"Pelaksanaan pemeriksaan urine terhadap anggota ini digelar dalam kegiatan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)," jelasnya, Senin (5/3).

Badan Penanggulangan Narkoba di setiap kabupaten/kota memang belum terbentuk. Suharyanto selaku Kepala Bakesbangpol Pacitan mengatakan di wilayahnya baru terbentuk satkorlak P4GN yang ketuanya adalah Bupati Pacitan.

"Seluruh jajaran baik instansi militer maupun sipil harus menyelenggarakan tes narkoba. Untuk satlak dengan didukung oleh Polres Pacitan sehingga bisa menyediakan alat sekitar 25 orang," jelasnya.

Masih di kesempatan yang sama, Kaurmintu Narkoba Polres Pacitan Aiptu Sri Sardono menjelaskan jika seseorang yang pernah memakai narkoba akan kelihatan setelah dilaksanakan hasil pengecekan tes urine maupun dengan tes lainnya. "Akan ketahuan, dan kami akan mengambil langkah melakukan pengamanan dan penangkapan," tegas dia.

"Pengguna narkoba tidak akan mempunyai keinginan atau rasa. Sebab narkoba sejatinya hanya akan merusak pikiran, dan merusak badan atau fisik. Maka dari itu jauhi narkoba," pesan Sri Sardono.

Sementara Wabup Pacitan Yudhi Sumbogo menegaskan bahwa narkoba adalah musuh bersama. "Untuk itu mari kita cegah narkoba masuk di Pacitan. Waspadai tamu atau pendatang yang masuk. Di kalangan anak muda, minum-minuman beralkohol seakan menjadi tren atau gaya hidup mengikuti orang-orang luar negeri.  Padahal di luar negeri minuman beralkohol sudah biasa karena memang cuaca di sana tidak sama dengan cuaca di Pacitan. Mari kita waspadai bersama masuknya narkoba terutama lewat jalur laut dengan terus bersinergi antara forkopimda dan TNI-Polri guna melaksanakan pengawasan terhadap masuknya narkoba," pinta wabup.

Dari hasil test tersebut, semua peserta negatif dan terbebas dari pengaruh narkoba. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO