Jelang Hari Raya Idul Fitri, Peziarah Jubeli Makam Siti Fatimah binti Maimun

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Peziarah Jubeli Makam Siti Fatimah binti Maimun Para peziarah memadati makam Siti Fatimah binti Maimun. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, tempat ziarah di Kabupaten dijubeli para peziarah. Salah satunya, Makam Siti Fatimah binti Maimun, di Desa Leran Kecamatan Manyar.

Siti Fatimah binti Maimun merupakan penyebar agama Islam di tanah Jawa sebelum zaman Wali Songo. Dia diperkirakan wafat Abad ke-11. Hal ini dibuktikan dari penemuan prasasti Leran yang ditemukan pada nisan makam Siti Fatimah binti Maimun yang menunjukan tahun 1082 Masehi. Nisan tersebut dijadikan sebagai bukti prasasti tertua di Asia Tenggara.

Dikarenakan hidup di zaman Hindu, situs bangunan makam Fatimah binti Maimun berbeda dengan bentuk bangunan makam para Wali Songo pada umumnya. Bentuk bangunan makamnya dibuat menyerupai cungkup, dengan ketinggian mencapai delapan meter, mirip candi pada masa pemerintahan Hindu.

Di sekitar kompleks pemakaman Siti Fatimah binti Maimun terdapat tiga gugus makam lain, yakni tiga paman Fatimah, tiga panglima dan dua penjaga, yang dikenal dengan makam panjang dikarenakan panjang makamnya mencapai sembilan meter.

Makam Fatimah binti Maimun yang ada di kawasan pesisir utara di Desa Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten , kurang lebih berjarak sejauh tujuh kilo meter dari Kota .

Fatimah binti Maimun merupakan Puteri Raja Malaka, Sultan Mahmud Syah Alam dan Dewi Aminah asal Aceh. Dia meninggal dunia saat sedang menyebarkan dakwah Islam di kawasan pesisir Utara .

Eko Supriyanto, salah satu peziarah asal Kabupaten Pasuruan menyatakan tertarik berziarah Makam Siti Fatimah binti Maimun, karena sebagai umat Islam penting untuk mengenal sejarah agama Islam.

"Kami berziarah ke makam-makam penyebar Islam. Kami ingin melihat bangunan sekaligus berkirim doa," ujarnya.

Rofi Rosidah, peziarah asal menganggap sosok Siti Fatimah binti Maimun perempuan penyebar agama Islam yang sangat dikagumi banyak orang. Terutama di .

"Karena beliau adalah wanita tangguh, beliau rela menyebarkan agama Islam tanpa memikirkan dirinya sendiri. Pada Ramadan seperti saat ini alangkah baiknya kita sebagai wanita lebih mendekatkan diri kepada Allah," ungkap Miss Hijabers tahun 2017 ini. (hud/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO