Peduli Korban Tsunami dan Gempa, Rumah Sakit Terapung Unair Bertolak Menuju Donggala

Peduli Korban Tsunami dan Gempa, Rumah Sakit Terapung Unair Bertolak Menuju Donggala Tim Kapal Rumah Sakit Unair yang berangkat menuju Donggala.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kapal Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA) memutuskan untuk mengalihkan bakti sosial di kawasan Maluku Barat Daya menuju Donggala, Sulawesi Tengah, untuk membantu para korban tsunami dan gempa. RSTKA berangkat dari Alor menuju Makassar, Sabtu (29/9).

"Kami anggap Palu dan Donggala lebih membutuhkan bantuan sehingga kami putuskan untuk putar haluan menuju Donggala," kata dr. Agus Harianto, SpB, direktur RSTKA yang dari pelabuhan Alor sebelum bertolak menuju Donggala, seperti rilis yang diterima BANGSAONLINE.com, Senin (1/10).

Agus menjelaskan, sesuai dengan renacana, RSTKA akan mengadakan misi kemanusiaan dengan memberikan pelayanan dokter spesialis pada masyarakat yang tinggal di kawasan pulau-pulau perbatasan di kawasan Indonesia Indonesia Timur. Kegiatan tersebut sudah dimulai sejak tanggal 19 September lalu dan rencanannya akan berakhir 3 November 2018.

Pulau yang akan dijadikan lokasi kegiatan sosial meliputi Pulau Nusa Penida, Alor, Lirang, Wetar, Kisar, Leti, Moa, Lakor, Luang Barat, Luang Timur, Sermata, Babar, Banda, dan terakhir Wakatobi. Yang sudah dilakukan bakti sosial dengan lancar dan sukses yaitu Nusa Penida dan Alor.

Namun, rencana itu berubah seketika mengingat adanya bencana yang terjadi di Palu dan Donggala. Pihak RSTKA memutuskan untuk putar haluan menuju Donggala mengingat di sana ada bencana yang lebih membutuhkan penanganan cepat.

Dari Alor menuju Donggala berjarak 730 mil yang diperkirakan memakan waktu antara 3 sampai 4 hari.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO