Pembangunan SPAM Offtake Winongan, Solusi Kebutuhan Air Bersih Layak Konsumsi 3.046 Penduduk

Pembangunan SPAM Offtake Winongan, Solusi Kebutuhan Air Bersih Layak Konsumsi 3.046 Penduduk Proses pemasangan pipa distribusi sekunder di Desa Arjosari.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus berupaya memenuhi kebutuhan air bersih bagi penduduknya, baik itu air layak konsumsi (minum masak) maupun untuk MCK (mandi, cuci dan kakus). Untuk mewujudkan hal itu, salah satunya adalah melalui program pembangunan SPAM Offtake Winongan yang kini sudah rampung. 

Pemasangan jaringan SR (Sambungan Rumah) tersebut merupakan solusi untuk suplai air bersih. SPAM Offtake Winongan bakal mencukupi kebutuhan air bersih sebanyak 3.046 penduduk. Sedangkan untuk tahun 2019 akan dilanjutkan pembangunan SPAM offtake berkapasitas 40 ribu SR.

(PPkom Ir. Sutoko, menunjukkan pipa yang di gunakan jaringan pembangunan SPAM Offtake Winongan)

Terlaksananya proyek pembangunan SPAM Offtake Winongan itu bakal mengatasi kebutuhan air bersih layak konsumsi bagi penduduk di wilayah Kecamatan Rojoso. Pemukiman padat penduduk dekat pantai itu selama ini menggunakan air payau (air laut dan tawar).

Terkait hal ini, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Ir. Misbah Zunib menceritakan proses pembangunan SPAM Offtake Winongan. Ia mengungkapkan bahwa pemasangan jaringan pipa untuk 3.046 penduduk itu sempat menemui hambatan. 

Di antaranya adalah beratnya medan, sehingga kendaraan pengangkut material sulit masuk ke lokasi pembangunan. Selain itu, masuknya musim penghujan juga menjadi kendala. "Sebab, terkadang tiba-tiba hujan deras," paparnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO