Berani Ambil Risiko, SBY Siapkan Perppu Gantikan UU Pilkada

Berani Ambil Risiko, SBY Siapkan Perppu Gantikan UU Pilkada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ketika bertemu Fraksi Demokrat. Foto: merdeka.com

JAKARTA(BangsaOnline) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono () mengaku sedang mempersiapkan Perppu untuk mengganti UU Pilkada yang disahkan DPR pada Paripurna, Jumat (26/9) lalu. menilai pengambilan keputusan mengeluarkan Perppu Pilkada penuh dengan risiko.

"Saya mengambil risiko dan sudah mengambil keputusan mengambil Perppu," ujar usai konsolidasi Partai Demokrat di Hotel Sultan, Selasa (30/9).

Ketua Umum Partai Demokrat itu menambahkan, Perppu tersebut akan diserahkan ke DPR untuk dikaji. Menurutnya, kalau DPR sungguh mendengar aspirasi rakyat, harusnya sistem Pilkada langsung yang akan dianut lima tahun mendatang.

"Kita lihat saja nanti. Objektivitas apakah diterima sepenuhnya pada DPR kita," katanya.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono () mengaku akan mengeluarkan Peraturan Pengganti Undang-undang (Perppu) untuk mengganti UU Pilkada. mengaku akan mengajukan Perppu tersebut setelah menerima draf hasil sidang paripurna DPR pengesahan RUU Pilkada lalu.

"Saya sedang siapkan Perppu yang intinya Perppu ini saya ajukan ke DPR setelah katakan hari ini atau besok draf hasil sidang paripurna kemarin, aturan mainnya harus saya tanda tangani dan setelah tanda tangan sungguh dengar kehendak penolakan rakyat hidup tiba-tiba berubah, maka kandungan Perppu ini pilkada langsung dengan perubahan. Pada saat yang sama saya ajukan Perppunya," kata di acara pertemuan seluruh kader Demokrat yang lolos sebagai anggota DPR terpilih periode 2014-2019, di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (30/9).

mengaku sudah membahas pilkada melalui DPRD yang telah disahkan oleh DPR dengan Wapres Boediono. mengaku baru mendengar penjelasan secara komprehensif dari Demokrat sore ini karena baru pulang dari luar negeri.

Sumber: merdeka.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO