Senin, 10 Mei 2021 13:49

​Diduga Bahas APBDes Seenaknya, Kades Lengkong Jember Dilaporkan ke Inspektorat

Selasa, 21 Mei 2019 19:31 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Indrawan
​Diduga Bahas APBDes Seenaknya, Kades Lengkong Jember Dilaporkan ke Inspektorat
Surat pelaporan yang ditujukan ke Inspektorat.

JEMBER, BANGSAONLINE.com – Pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2019 Desa Lengkong, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember dipersoalkan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Pasalnya, dalam melakukan pembahasan APBDes tersebut, BPD terkesan hanya dimanfaatkan untuk formalitas pengesahan saja oleh Kepala Desa Lengkong Amir Rosyid.

Terkait ABPDes yang akan dibahas, jauh-jauh hari sebelumnya sudah dirancang dan disahkan sendiri oleh Amir. Diketahui pada APBDes yang disahkan tersebut, ditandatangani dan distempel basah pada tanggal 1 April 2019. Sementara untuk pembahasan bersama dengan BPD dilaksanakan pada 12 April 2019, sekitar 10 hari berikutnya.

“Apa yang dilakukan Pak kades ini tidak benar sudah. Karena apa fungsi kami di BPD, kalau Perdes ini (APBDes) sudah dirancang sendiri, bahkan disahkan sendiri,” kata salah satu anggota BPD Yanto saat dikonfirmasi wartawan, Selasa sore (21/5).

Karena merasa tidak nyaman dengan tindakan Kades tersebut, maka sejumlah anggota BPD membuat surat tembusan yang ditujukan kepada Camat Mumbulsari, dan ditembuskan kepada Bupati Jember Faida. “Undangan pembahasan itu baru tanggal 12 April 2019, dengan nomor surat 140/01/35.09.23.2001/2019 yang acaranya pembahasan Rancangan Perdes APBDes 2019,” katanya.

BACA JUGA : 

Dugaan Penyimpangan BLT DD, Kades di Jember Sebut Warga Penerima Pikun

Lima Bulan Belum Gajian, ​PPDI Jember Wadul ke Komisi A

​Bupati Hendy: Jember Harus Mampu Keluar dari Persoalan Kemiskinan

Dewi Kemiri Jadi Destinasi Wisata Baru di Jember

Hal itu pun menurutnya terasa janggal, sehingga kemudian saat dilakukan pertemuan, ditanyakan perihal pengesahan APBDes tersebut. “Saat itu ditanyakan kepada Santos utusan Kades yang datang. Kami pun bertanya APBDes yang akan dibahas ini masih rancangan atau sudah disahkan? Tetapi Santos tidak bisa menjawab,” ungkapnya.

Dengan dugaan adanya pelanggaran yang dilakukan Kades tersebut, pihaknya pun melaporkan persoalan tersebut ke Kecamatan Mumbulsari, sebagai pemerintahan di atasnya. “Alhamdulillah tadi (kemarin, red), kami sudah bertemu dengan Pak Camat, dan nantinya akan ditindaklanjuti ke Dispemasdes, dan Bupati,” tandasnya.

Sementara itu, saat wartawan meminta konfirmasi dari Kades Lengkong Amir Rosyid, yang bersangkutan tidak bisa dihubungi. Nomor ponsel seluler miliknya ditelepon beberapa kali tidak dijawab, dan kemudian dikirimi pesan singkat lewat SMS, hingga berita ini ditulis belum juga dibalas.

Sementara saat didatangi ke rumahnya, seorang wanita yang menemui wartawan dan enggan menyebutkan namanya itu hanya menyampaikan, jika Amir tidak ada di rumah. “Bapak tidak ada di rumah, tadi keluar dan tidak tahu kapan pulangnya,” ucapnya singkat. (jbr1/yud/ian)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 10 Mei 2021 05:19 WIB
Oleh: Dahlan Iskan --- LEBARAN kompak: hari Kamis, 13 Mei 2021. Maka, Disway edisi Rabu, Kamis, Jumat di sekitar Lebaran itu, saya akan menurunkan tiga tulisan tentang kebijakan energi untuk kebangkitan negeri.Lebaran tahun ini banyak waktu untu...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...