Senin, 10 Mei 2021 15:07

Desak PAW Kades, Belasan Warga Sumberkalong Jember Datangi Kantor Desa

Senin, 02 September 2019 20:32 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Indrawan
Desak PAW Kades, Belasan Warga Sumberkalong Jember Datangi Kantor Desa
Suasana balai Desa Sumberkalong saat musdes.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Belasan warga Desa Sumberkalong, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember mendatangi kantor desa setempat, Senin siang (2/9/2019).

Mereka mendesak untuk segera dilakukan pergantian antar waktu (PAW) kepala desa (Kades). Pasalnya Pj Kades yang sekarang, dinilai sudah terlalu lama menjabat, yakni lebih dari 6 bulan. Selain itu, warga juga menilai selama kepemimpinan Pj Kades banyak pelaksanaan proyek desa yang bermasalah. 

Diketahui sebelumnya, terkait proses untuk pelaksanaan PAW, sudah dibahas dalam musyawarah desa (Musdes) dengan mendatangkan sejumlah tokoh masyarakat. Namun Musdes tersebut dinilai cacat pelaksanaan karena undangan yang hadir tidak mewakili masyarakat desa secara keseluruhan.

“Sebelumnya sudah dilakukan musyawarah desa (Musdes) di balai desa, pagi tadi. Tetapi yang datang dan yang diundang tidak jelas. Bahkan saya pun bukan siapa-siapa, diundang untuk mewakili tokoh pemuda,” kata Holil, salah seorang warga saat dikonfirmasi wartawan. 

BACA JUGA : 

Dugaan Penyimpangan BLT DD, Kades di Jember Sebut Warga Penerima Pikun

Lima Bulan Belum Gajian, ​PPDI Jember Wadul ke Komisi A

​Bupati Hendy: Jember Harus Mampu Keluar dari Persoalan Kemiskinan

Dewi Kemiri Jadi Destinasi Wisata Baru di Jember

Dalam musdes yang dilakukan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sumber Kalong, kata Holil, disepakati untuk tidak perlu dilakukan PAW. “Tetapi hal itu tidak mewakili seluruh aspirasi masyarakat secara keseluruhan,” katanya. 

Sehingga pihaknya bersama belasan warga yang lain, mendatangi kantor balai desa, untuk menuntut dilakukannya Musdes ulang. “Saya pun diundang, juga tidak jelas. Saya muda, tapi bukan tokoh pemuda. Semoga di musdes kedua bisa lebih jelas,” sambungnya.

Senada dengan yang disampaikan Holil, salah seorang warga lainnya Doni menyampaikan, perlunya dilakukan PAW karena banyak hal-hal terkait proyek desa yang dinilai bermasalah. 

“Mestinya garap proyek itu memberdayakan warga sekitar. Lah ini malah digarap gak jelas. Perlu PAW agar jelas garapannya dan arahnya untuk pembangunan desa,” katanya.

Terpisah, Ketua BPD Sumber Kalong Imam Sailendra mengatakan, terkait tuntutan dan permintaan warga untuk dilakukan musdes ulang, akan diamini pihaknya. 

“Sebenarnya yang dilakukan ini adalah dari sekelompok warga untuk (minta) dilakukan musdes ulang. Sebenarnya tadi pagi sudah dilakukan musdes, dan hasilnya menolak adanya PAW,” kata Imam saat dikonfirmasi terpisah.

Tidak perlunya dilakukan PAW, menurut Imam, karena pada tahun mendatang akan dilakukan Pilkades di desa setempat. “Karena di sini (Desa Sumberkalong, tinggal setahun jabatan kades sebelumnya berakhir. Jadi pada musdes pertama, ada perwakilan RT yang mengatakan tidak perlu PAW,” ungkapnya.

“Toh nantinya dikhawatirkan akan ada benturan dari pelaksanaan PAW itu,” imbuhnya.

Namun demikian, sesuai dengan permintaan warga, akan dilakukan musdes ulang. “Nantinya hasil musdes kedua akan kita sepakati, toh itu adalah hasil keputusan semua. Apapun hasilnya,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Imam juga menepis tuduhan terkait pelaksanaan PAW yang dikabarkan akan menggunakan anggaran dari honor perangkat desa. 

“Tidak benar itu, tadi sekadar menceritakan proses PAW (saat musdes pertama), yang nantinya akan diajukan ke bupati jika akan dilakukan PAW. Apalagi dari desa (APBDes) tidak ada anggaran untuk PAW tersebut,” ungkapnya.

“Sehingga jika misalnya ada calon yang mau swadaya (dilakukan PAW), BPD terima aspirasi masyarakat, dan kita bukan panitia (pelaksana), BPD hanya sebagai pengawas,” imbuhnya. (jbr1/yud/ian)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 10 Mei 2021 05:19 WIB
Oleh: Dahlan Iskan --- LEBARAN kompak: hari Kamis, 13 Mei 2021. Maka, Disway edisi Rabu, Kamis, Jumat di sekitar Lebaran itu, saya akan menurunkan tiga tulisan tentang kebijakan energi untuk kebangkitan negeri.Lebaran tahun ini banyak waktu untu...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...