Desak PAW Kades, Belasan Warga Sumberkalong Jember Datangi Kantor Desa

Desak PAW Kades, Belasan Warga Sumberkalong Jember Datangi Kantor Desa Suasana balai Desa Sumberkalong saat musdes.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Belasan warga Desa Sumberkalong, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember mendatangi kantor desa setempat, Senin siang (2/9/2019).

Mereka mendesak untuk segera dilakukan pergantian antar waktu (PAW) kepala desa (Kades). Pasalnya Pj Kades yang sekarang, dinilai sudah terlalu lama menjabat, yakni lebih dari 6 bulan. Selain itu, warga juga menilai selama kepemimpinan Pj Kades banyak pelaksanaan proyek desa yang bermasalah. 

Diketahui sebelumnya, terkait proses untuk pelaksanaan PAW, sudah dibahas dalam musyawarah desa (Musdes) dengan mendatangkan sejumlah tokoh masyarakat. Namun Musdes tersebut dinilai cacat pelaksanaan karena undangan yang hadir tidak mewakili masyarakat desa secara keseluruhan.

“Sebelumnya sudah dilakukan musyawarah desa (Musdes) di balai desa, pagi tadi. Tetapi yang datang dan yang diundang tidak jelas. Bahkan saya pun bukan siapa-siapa, diundang untuk mewakili tokoh pemuda,” kata Holil, salah seorang warga saat dikonfirmasi wartawan. 

Dalam musdes yang dilakukan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sumber Kalong, kata Holil, disepakati untuk tidak perlu dilakukan PAW. “Tetapi hal itu tidak mewakili seluruh aspirasi masyarakat secara keseluruhan,” katanya. 

Sehingga pihaknya bersama belasan warga yang lain, mendatangi kantor balai desa, untuk menuntut dilakukannya Musdes ulang. “Saya pun diundang, juga tidak jelas. Saya muda, tapi bukan tokoh pemuda. Semoga di musdes kedua bisa lebih jelas,” sambungnya.

Senada dengan yang disampaikan Holil, salah seorang warga lainnya Doni menyampaikan, perlunya dilakukan PAW karena banyak hal-hal terkait proyek desa yang dinilai bermasalah. 

“Mestinya garap proyek itu memberdayakan warga sekitar. Lah ini malah digarap gak jelas. Perlu PAW agar jelas garapannya dan arahnya untuk pembangunan desa,” katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO