Jumlah Desa Minta Dropping Air Terus Bertambah, Anggaran BPBD Bangkalan Menipis

Jumlah Desa Minta Dropping Air Terus Bertambah, Anggaran BPBD Bangkalan Menipis Agus Sugiharto, Bagian Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Kekeringan yang melanda Kabupaten Bangkalan sudah terjadi kurang lebih 4 bulan. Dropping air bersih pun sudah dilakukan di desa-desa yang mengalami kering kritis maupun kering langka. Namun, jumlah desa yang meminta dropping air bersih saat ini terus bertambah.

Agus Sugiharto, Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bangkalan menyatakan, setidaknya hingga saat ini ada 80 desa yang mengalami kekeringan. Jumlah ini bertambah dari pemetaan yang dilakukan pemerintah sebelumnya, hanya sebanyak 33 desa.

Menurut Agus, bertambahnya jumlah desa yang mengalami kekeringan karena kemarau bertambah panjang.

"Karena bertambahnya jumlah wilayah desa yang di-dropping, mempengaruhi keadaan anggaran yang disediakan. Kalau ditanya anggaran, ya tentu semakin menipis, apalagi dropping air kali ini cukup lama, kurang lebih 4 bulanan sejak bulan Juli lalu," kata Agus kepada media, Jumat (25/10/2019)

BPBD Bangkalan dalam pendistribusian dropping air bersih menggunakan model arah jarum jam agar semuanya sama rata mendapatkan. Setidaknya sebanyak 8 tangki air diberikan menyesuaikan jumlah kepala keluarga yang ada.

Sedangkan, perihal lokasi desa terparah mengalami kekeringan, Agus berpendapat untuk saat ini semuanya rata kering. Walaupun tidak semua desa mengalami kekeringan, tapi di setiap kecamatan pasti ada, seperti Kecamatan Kokop dan Konang.

"Namanya air sebagai sumber kehidupan tidak ada habisnya, hanya saja kita menyediakan sesuai dengan kebutuhan per masing masing kepala keluarga," ucap Agus

Agus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terpancing berita berita hoax yang beredar di media sosial perihal Indonesia akan dilanda gelombang panas. "BMKG provinsi sudah merilis bahwa berita itu hoax. Jangan dipercaya hal-hal yang belum pasti. Namun kita juga perlu waspada. Lebih baik cukupkan konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi," pungkas dia. (ida/uzi/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO