Kapolres Batu Tanam Rumput Vetiver Bersama Pangdam V/Brawijaya

Kapolres Batu Tanam Rumput Vetiver Bersama Pangdam V/Brawijaya

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, S.I.K., M.I.K. mengikuti kegiatan tanam rumput vetiver penahan longsor bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetya Boedi di lahan pertanian Dodik Bela Negara Kota Malang, Sabtu (22/02).

Hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 083/BDJ Kol Inf Zainuddin, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Dr. Leonardus Simarmata, dan anggota Forpimda Malang Raya.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetya Boedi mengatakan, penanaman rumput vetiver di lahan pertanian Dodik Bela Negara ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang telah digelar di Ranu Pani Lumajang bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Lahan pertanian Dodik Bela Negara ini menampung 50 bibit rumput vetiver.

“Vetiver ini diharapkan mampu mencegah tanah longsor, terutama di lahan pertanian warga yang berada di kawasan perbukitan,” ujarnya.

Kegiatan penanaman rumput vetiver ini sebagai wujud sinergitas Kodam V/Brawijaya dengan Pemprov Jatim maupun dengan segenap komponen bangsa yang ada di daerah, serta menindaklanjuti perintah presiden agar penanaman rumput vetiver ini terus digalakkan, mulai dari tingkat Kodam, Korem, dan Kodim.

“Perlu diketahui, rumput vetiver memiliki akar yang bisa menembus hingga kedalaman 6 meter. Tentunya tidak hanya rumput vetiver saja yang ditanam, pohon-pohon yang memiliki akar kuat harus ditanam juga sebagai penguatan daya dukung tanah,” jelas Pangdam. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO