Corona Ancam Pedagang Sayur Kota Batu, Ini Sebab-sebabnya

Corona Ancam Pedagang Sayur Kota Batu, Ini Sebab-sebabnya ?Area Pasar Pagi Kota Batu yang tetap ramai di masa PSBB berlangsung.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Ini peringatan bagi para pedagang sayur di dan sekitarnya. Pasalnya, hampir dua pekan ini yang menjadi sasaran empuk serangan Corona (Covid-19) kebanyakan para pedagang sayur, terutama pedagang sayur antarkota.

Hal itu karena perilaku di pasar tradisional tidak banyak berubah, meski  sudah ditetapkan sebagai kawasan PSBB. Pasar Pagi tetap ramai oleh pedagang dan pembeli. Protokol kesehatan pencegahan Covid-19 kerap lupa diterapkan.

Sudah 5 pedagang di , baik dari Pandanrejo, Temas, Giripurno, dan Pujon yang terpapar virus berbahaya ini. Mereka memiliki riwayat mengirim sayur ke Surabaya dan Pasar Karangploso, Kabupaten Malang.

Termasuk pasien konfirm ke-11 asal Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji ini. Pasien berjenis kelamin laki-laki, usia 57 tahun ini berprofesi sebagai petani dan sering mengirim sayur ke Pasar Karangploso. Sebelumnya, ia berstatus sebagai PDP dengan diagnosa pneumonia berat dan punya penyakit penyerta pneumonia.

"Yang bersangkutan sudah dilakukan rapid test dengan hasil reaktif baik, lg H dan lg M. Lalu dilanjutkan swab test dan hasilnya baru keluar dinyatakan positif," ujar M. Chori, Jubir Gugas Percepatan Penanganan Covid-19 , Sabtu (23/5).

Menurutnya, pasien tersebut sempat menjalani perawatan di RS Karsa Husada, masuk rumah sakit tanggal 21 April 2020 dengan keluhan batuk, demam, sesak napas, dan nyeri sendi. Saat itu juga langsung di-rontgen dan ada gambaran pneumonia berat. Selanjutnya dilakukan swab pertama tanggal 22 April 2020 dan swab kedua tanggal 23 April 2020.

Sementara itu, melihat perkembangan jumlah kasusnya meningkat yaitu 4 konfirm dan meninggal 1, maka telah dilakukan rapid test massal warga masyarakat Giripurno sebanyak 174 orang dan hasilnya 26 reaktif Covid-19.

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO