Sabtu, 15 Agustus 2020 05:40

Tolak RUU HIP, LSM GMBI Sidoarjo Datangi Kantor DPRD

Selasa, 07 Juli 2020 20:45 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Catur Andy
Tolak RUU HIP, LSM GMBI Sidoarjo Datangi Kantor DPRD
Massa LSM GMBI saat berunjuk rasa di depan Kantor DPRD Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Demo menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) juga terjadi di Sidoarjo, Selasa (7/7/2020). Massa yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI) berunjuk rasa di depan Kantor DPRD Sidoarjo.

Dengan penjagaan ketat petugas kepolisian, aksi berlangsung damai, aman dan kondusif. Sejak pagi, sekitar 300-an personel gabungan dari Polresta Sidoarjo siaga di lokasi. Kabagops Polresta Sidoarjo, AKP Trie Sisbiantoro menjelaskan pola pengamanan melalui Tactical Floor Game (TFG). Imbauan agar para peserta demo, dapat menyampaikan aspirasinya secara tertib, aman dan kondusif.

Disampaikan pula oleh Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol. Sumardji bahwa di tengah pandemi Covid-19, supaya para pendemo turut menjaga physical distancing, mematuhi segala protokol kesehatan, dan tetap damai dalam berdemonstrasi.

Beranjak siang, massa berjumlah sekitar 50 orang dari berbagai daerah mulai berkumpul di depan kantor wakil rakyat tersebut. Pengunjuk rasa bergantian melakukan orasi di depan gedung dewan. Mereka menolak keras pembahasan RUU HIP.

Pancasila sudah kuat. Pancasila menjadi sumber dari segala sumber hukum di negeri ini. Jadi sudah tidak perlu ditambahi kekuatan dari mana pun," ujar Ketua GMBI Distrik Sidoarjo, Nunuk Rusianita dalam orasinya.

Dalam aksinya, mereka meminta DPRD Sidoarjo menyampaikan aspirasi ini ke DPR RI untuk tidak hanya menangguhkan pembahasan RUU tersebut, tapi meminta agar RUU HIP ditiadakan.

Menurut Nunuk, Pancasila sudah final, tidak perlu lagi adanya pembahasan RUU tersebut. “Justru RUU tersebut akan melemahkan kekuatan Pancasila," tambahnya.

Kemudian, Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, Usman menemui sejumlah pendemo. Mengajak membahas apa yang disampaikan. Menurutnya, sama dengan yang disuarakan para pendemo dari LSM GMBI bahwa Pancasila selamanya harus tetap Pancasila. Tidak perlu diubah, tidak perlu diutak-atik lagi. Karena merupakan sesuatu yang sudah final.

"Kami mendukung secara kelembagaan, DPRD Sidoarjo menolak RUU HIP menjadi sebuah undang-undang dan mengeluarkan dari Prolegnas. Aspirasi ini akan dikirim ke DPR RI, karena semakin banyak yang menyampaikan aspirasi penolakan, maka DPR RI harus mendengar aspirasi tersebut," pungkas Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, Usman. (cat/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...