Sabtu, 23 Januari 2021 20:36

​Siap Jaga Kondusivitas Kamtibmas, Perguruan Silat di Sidoarjo Gelar Deklarasi Damai

Jumat, 14 Agustus 2020 19:09 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
​Siap Jaga Kondusivitas Kamtibmas, Perguruan Silat di Sidoarjo Gelar Deklarasi Damai
Sebanyak 17 perguruan silat di Kabupaten Sidoarjo menggelar deklarasi damai.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 17 perguruan silat di Kabupaten Sidoarjo menggelar deklarasi damai. Deklarasi damai sebagai wujud komitmen bersama guna menjaga kondusivitas kamtibmas, berlangsung di Ballroom Aston Hotel Sidoarjo, Jumat (14/8/2020). 

Turut hadir dalam deklarasi tersebut, Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Mohammad Iswan Nusi, Ketua IPSI Sidoarjo Bahrul Amiq, serta diikuti kapolsek jajaran Polresta Sidoarjo.

Di hadapan para ketua dan pengurus perguruan silat, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji menyampaikan imbauan agar seluruh perguruan silat yang di Sidoarjo berkomitmen bersama guna menjaga situasi kamtibmas tetap aman, damai, dan kondusif.

“Jelang agenda 1 Suro yang selalu ada kegiatan pengesahan murid baru dan nanti kita juga menghadapi Pilkada Sidoarjo. Situasi kamtibmas di wilayah kita yang aman, damai, dan kondusif ini harus kita jaga bersama. Jangan ada perselisihan di antara kita, dan kuatkan persaudaraan,” pesannya.

Pada kesempatan tersebut, Kombes Pol. Sumardji juga mengajak perguruan silat untuk turut membantu penanganan Covid-19. Sebab obat atau vaksin untuk Virus Corona hingga saat ini belum ada. Caranya adalah dengan disiplin mentaati protokol kesehatan mengenakan masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak.

"Peran sedulur kabeh proaktif membantu pemerintah dalam menangani Covid-19," kata Kombes Pol. Sumardji.

Pesan serupa juga disampaikan Plt. Bupati Nur Ahmad Syaifuddin. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berharap situasi kamtibmas Kabupaten Sidoarjo yang aman, damai dan kondusif adalah tanggung jawab bersama. Oleh sebab itu, berbagai perguruan silat juga harus terlibat dalam menjaga situasi seperti ini. Salah satunya adalah melalui forum silaturahmi antar perguruan silat.

Sementara Ketua Ikatan Pencak Silat Sidoarjo Bahrul Amiq menyatakan siap membantu upaya pemerintah serta TNI-Polri dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. “Kami satu tujuan, yakni menguatkan persaudaraan dan cinta damai,” ujarnya.

Di penghujung acara silaturahmi antar perguruan silat, dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi damai oleh para ketua perguruan silat, guna mewujudkan kamtibmas di Kabupaten Sidoarjo selalu aman, damai dan kondusif. (cat/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...