Sabtu, 05 Desember 2020 00:15

Jalani Masa Observasi Tambahan, Santri Al Izzah Ikuti KBM Daring

Minggu, 04 Oktober 2020 19:45 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Jalani Masa Observasi Tambahan, Santri Al Izzah Ikuti KBM Daring
Ponpes Al Izzah di Desa Sumberejo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19, sebanyak 31 santri Al Izzah, Kota Batu masih harus menjalani masa observasi tambahan selama satu minggu. Itu sebabnya, proses kegiatan belajar mengajar (KBM) pun terpaksa dilakukan secara daring dari kamar masing-masing santri.

Hal ini disampaikan oleh M. Chori, Jubir Gugas Percepatan pengananan Covid-19 Kota Batu. "Apabila dalam jangka waktu satu bulan tidak ada santri yang bergejala atau tidak ada tambahan kasus baru, maka proses pembelajaran dapat dimulai kembali dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selama masa observasi, para santri mengikuti pembelajaran online dari kamar masing-masing," ujarnya, Minggu (4/10).

Ia mengungkapkan dari 31 orang yang konfirm positif Covid-19 di Al Izzah, 4 orang di antaranya bergejala ringan sampai sedang. Mereka sudah dilakukan penegakan diagnosa di rumah sakit dengan foto thorax dan hasilnya baik. Saat ini ke-4 pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh.

Demikian pula sisanya sebanyak 27 orang yang tidak bergejala, termasuk yang 4 orang konfirm, sudah menyelesaikan masa isolasi dan dinyatakan sembuh.

Sementara itu, Gus Imron, Ketua Pokja Pondok Pesantren Kota Batu mengaku bersyukur atas sembuhnya para santri Al Izzah dari Covid-19. Ia mengimbau pengelola ponpes lain di Kota Batu untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Dengan sembuhnya para santri tersebut, para santri, tidak terkecuali 31 santri yang sudah sembuh,  semuanya bisa mengikuti pembelajaran lagi secara normal meski harus tetap menjaga protokol kesehatan," harapnya.

"Saya juga berharap semua pihak, baik pengelola lembaga terutama wali murid, untuk terus ikut memantau perkembangan putra putrinya yang di asrama dan jangan segan untuk terus berkoordinasi dengan Tim Satgas Covid-19 Kota Batu demi kenyamanan bersama," tambahnya.

Dikonfirmasi terpisah, Tri Nugraha Basuki S.Sos, Kasi Pakis Kemenag Kota Batu juga bersyukur atas sembuhnya 31 santri Ponpes Al Izzah. Menurutnya, kesembuhan para santri berkat kerja sama semua pihak, serta ikhtiar yang tiada henti dari beberapa komponen, baik Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Tim Satgas Covid-19 PP Al Izzah, Tim Satgas Covid-19 Pemkot Batu, Dinkes, Puskesmas, Dispendik, Kemenag, para orang tua santri, dan semua masyarakat di sekitar ponpes.

"Semoga ponpes yang lain lebih berhati-hati lagi dalam menyelenggarakan proses pembelajaran di pondoknya masing-masing. Dan terpenting harus menerapkan prinsip 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan di air mengalir,  dan menjaga jarak," pungkasnya. (asa/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Kamis, 03 Desember 2020 15:46 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...