KPwBI Kediri Gelar Pelatihan Wartawan Via Online

KPwBI Kediri Gelar Pelatihan Wartawan Via Online Helmy Yahya saat memberikan kiat suksesnya melalui aplikasi zoom meeting.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kediri menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Wartawan Mitra KPw tahun 2020 pada Jumat (16/10/20) secara daring. 

Kegiatan pelatihan wartawan merupakan agenda rutin yang diselenggarakan untuk meningkatkan skill dan menambah wawasan wartawan mitra kerja sehingga akan bermanfaat dalam mendukung profesinya sebagai penyampai berita.

Selain itu, dengan pelatihan yang diselenggarakan itu dapat menjaga komunikasi dan koordinasi yang lebih erat antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri dengan awak media.

Rizal Moelyana, Asisten Direktur Deputi Kepala Perwakilan , menjelaskan bahwa pelatihan yang akan diikuti sekitar 35 wartawan ini akan mengambil topik kewirausahaan dengan menghadirkan narasumber seorang entrepreneur yang juga lama berkecimpung di dunia pers dan pertelevisian, Helmy Yahya.

Menurut Rizal, pemilihan topik itu tak lepas dari kondisi pandemi Covid-19 yang memaksa masyarakat untuk lebih banyak beraktivitas dari rumah, tak terkecuali wartawan. Helmy Yahya yang pernah menjadi Direktur Utama TVRI ini menjadi salah satu influencer yang aktif mengajak semua orang untuk dapat berfikir positif selama masa kerja di rumah atau work from home. 

Waktu luang yang dimiliki agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk tetap produktif yakni dengan membangun bisnis dari rumah atau home entrepreneur.

"Pelatihan ini bukan bermaksud untuk mengarahkan wartawan meninggalkan profesi utamanya sebagai penyampai berita. Namun lebih sebagai upaya menambah wawasan wartawan yang pastinya bermanfaat pada pelaksanaan tugasnya dalam menulis berita," kata Rizal.

Semakin banyaknya waktu di rumah bersama keluarga yang dimiliki selama pandemi yang terjadi sekarang ini, lanjut Rizal, awak media bisa mencoba memulai membangun bisnis dari rumah bersama keluarga.

Ditambahkan Rizal, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri secara rutin menyelenggarakan pelatihan wartawan setiap tahunnya. Tahun sebelumnya pelatihan wartawan mitra KPw dilaksanakan di Jakarta. Pada pelatihan tahun lalu, awak media berkesempatan melihat langsung keberadaan Museum Bank Indonesia dan proses pencetakan uang rupiah di Perum Peruri.

"Kondisi pandemi sekarang ini membatasi aktivitas secara fisik, namun hal ini tidak mengurangi semangat Kantor Perwakilan Bank Indonesi Kediri untuk terus berupaya memberikan pelatihan wartawan tahun 2020. Untuk itu, pelatihan kali ini dilaksanakan secara daring," pungkasnya. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO