Jumat, 27 November 2020 15:06

Qosim-Alif Paparkan Visi-Misi di Hadapan Para Petinggi Muhammadiyah Gresik

Sabtu, 24 Oktober 2020 20:44 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Qosim-Alif Paparkan Visi-Misi di Hadapan Para Petinggi Muhammadiyah Gresik
Cawabup Alif saat paparkan visi misi di hadapan para petinggi Muhammadiyah Gresik. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Gresik Nomor Urut 1, Moh. Qosim - dr. Asluchul Alif (QA) menggelar silaturahmi dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gresik di Kantor PD Muhammadiyah Jalan Permata Perum Bunder Asri Gresik, Sabtu (24/10/2020).

Kedatangan Qosim-Alif disambut para petinggi PDM yang kemudian secara bergantian memaparkan visi misi di hadapan para petinggi PDM dan undangan. Visi misi yang dipaparkan Qosim-Alif bertema "Gresik Religius, Sehat, Berkelanjutan, dan Sejahtera untuk Semua".

Cabup Qosim yang mendapatkan giliran pertama menjelaskan bahwa visi misi yang diusungnya bersama Dokter Alif meliputi banyak aspek. Mulai dari pembangunan ekonomi, sosial, hingga lingkungan.

"Komitmen saya dan Dokter Alif untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat, baik dhohir maupun batin yang tertuang dalam visi misi yang Insya Allah komprehensif," ujar Qosim.

Qosim mencontohkan bidang pendidikan yang saat ini sedang mendapatkan tantangan berat karena harus belajar di rumah (learn from home) menyusul terjadinya pandemi Covid-19. Karena itu, Qosim menekankan pentingnya strategi dan perubahan paradigma dalam pendidikan.

"Agar belajar daring (dalam jaringan) ini efektif dan kualitasnya sama dengan belajar di sekolah seperti biasanya, oleh karena itu dengan silaturahmi ini kita dapat bertukar pikiran dengan Muhammadiyah yang punya pengalaman panjang dan mantap dalam dunia pendidikan," katanya.

Menurut Qosim, lembaga pendidikan mulai saat ini harus mempersiapkan pendidikan berbasis online dan vokasional yang berorientasi pemenuhan lapangan sekaligus ketersediaan kerja. Hal ini sangat mendesak untuk direalisasikan sebagai upaya mengurangi ketergantungan pada infrastruktur pendidikan di daerah dan angka pengangguran.

"Maka, mata pencaharian berbasis online ini perlu dikembangkan secara saksama, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi pemuda dan sebagai sumber ekonomi kreatif," paparnya.

Secara konkret, Qosim-Alif menggagas program Gresik Digital Learning sebagai respons terhadap pandemi Covid-19. Diharapkan instrumen pembelajaran berbasis digital yang aksesnya disiapkan oleh pemerintah daerah ini menjadi solusi bagi para pendidik dan peserta didik.

Dikatakan Qosim, pihaknya juga menyiapkan program Gresik Yes (Yatim Sekolah). Melalui program itu, anak-anak yatim dan anak dari keluarga prasejahtera wajib bisa sekolah. Solusinya, pemerintah daerah adalah "Bapak Angkat" yang menjamin beasiswa sekolah mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

Ia juga menyampaikan sejumlah program yang telah dilakukan selama menjabat wabup mendampingi Bupati Sambari, yakni dengan penerbitan Perbup (Peraturan Bupati) atas Peraturan Daerah (Perda) Nomor 17 Tahun 2013, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Diniyah Takmiliyah. Hal ini sebagai penegasan Kabupaten Gresik yang merupakan kota santri melalui implementasi pendidikan karakter yang agamis, moderat, dan beramal saleh.

"Penerbitan Perbup atas Perda 17 Tahun 2013 adalah solusinya," terang Mantan Kepala Sekolah SMAN 1 Gresik ini.

Tidak cukup hanya itu. Qosim yang pernah dinobatkan sebagai guru teladan ini menambahkan, dukungan untuk dunia pendidikan bisa ditunjang melalui program "Desa Digital".

"Hotspot yang merata dalam wilayah desa menjadi solusi sektor pendidikan saat pandemi, serta menumbuhkan kewirausahaan warga desa secara daring," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PDM Gresik, Dr. H. Taufiqullah, M.Pd.I., dalam sambutannya mengakui, sosok Qosim dan Dokter Alif sebenarnya sudah cukup familiar. Hanya saja warga Muhammadiyah di akar rumput selalu bertanya ke PDM, siapa yang harus dipilih dalam Pilkada Gresik 2020 ini.

"Pak Qosim sudah familiar dua periode sebagai wakil bupati, Mas Alif juga pernah main ke sini bersama teman-teman GP Ansor Gresik. Namun begitu, warga Muhammadiyah Gresik tanya ke pimpinan, siapa yang harus dipilih, ya akhirnya kami mengundang beliau berdua untuk menyampaikan program yang diusung agar dapat menjadi preferensi bagi warga Muhammadiyah," bebernya.

Pada kesempatan ini Taufiqullah juga mengingatkan kepada Qosim-Alif agar menepati janjinya dan melaksanakan program yang dicanangkan, apabila nanti terpilih sebagai bupati dan wakil bupati Gresik.

"Mudah-mudahan bila nanti sudah terpilih bisa merealisasikan program-program dalam visi misinya," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Taufiqullah juga menyampaikan masukan dan gagasan di bidang keagamaan, kesejahteraan, pendidikan, kesehatan, lingkungan, serta sosial budaya.

"Masukan Muhammadiyah untuk Gresik berkemajuan yang berisi paparan singkat masukan dan gagasan dari Muhammadiyah Gresik, dimaksudkan sebagai keikutsertaan Muhammadiyah secara aktif dalam perencanaan pembangunan Gresik yang berkelanjutan. Semoga gagasan ini memiliki manfaat dalam pembangunan menuju Gresik yang berkemajuan dan sejahtera lahir serta batin," sambung Sekretaris PDM Gresik, Dr. H. Sarwo Edy, M.Pd. (hud/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...