Gelar Inspeksi Mendadak, Wali Kota Mojokerto Tinjau Sistem Pelayanan di 2 Puskesmas

Gelar Inspeksi Mendadak, Wali Kota Mojokerto Tinjau Sistem Pelayanan di 2 Puskesmas Ning Ita saat melakukan sidak di tempat-tempat pelayanan. (foto: ist)

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Puskesmas Rawat Inap Blooto dan Kedundung, Senin (2/11/2020) kemarin. Ia meninjau secara langsung sistem pelayanan yang sedang berjalan di puskesmas.

Ning Ita-sapaannya mengatakan, puskesmas adalah tempat pertama untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warga sebelum dirujuk ke rumah sakit.

"Saya sengaja secara rutin akan melakukan sidak di tempat-tempat pelayanan kesehatan dan publik. Hal ini agar masyarakat Kota Mojokerto dapat merasakan jaminan kesehatan maksimal dan menerima pelayanan publik dengan sebaik-baiknya," ujar Ning Ita.

Dalam kesempatan tersebut, Ning Ita mencoba secara langsung aplikasi PCare BPJS Kesehatan, yaitu sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan yang bisa dimanfaatkan faskes untuk mempermudah proses rujukan.

Pada pukul 10.40 WIB di Puskesmas Kedundung, Ning Ita membuka aplikasi PCare dan mengecek 14 poli pelayanan kesehatan. Saat mengecek aplikasi tersebut, Ning Ita menemukan kejanggalan.

"Dari aplikasi PCare tersebut untuk rujukan di poli penyakit dalam salah satu rs swasta tipe C mendapat 13 rujukan, padahal kapasitasnya hanya untuk 11 rujukan. Bahkan di rs swasta tipe D mendapat 20 rujukan, padahal kapasitasnya hanya 12 rujukan, sedangkan untuk RS dr. Wahidin Sudiro Husodo belum mendapat rujukan sama sekali. Seharusnya kelebihan kapasitas tersebut sudah bisa dirujuk ke RS dr. Wahidin Sudiro Husodo," ucap Ning Ita.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO